Intip Empat Cara Klasik Memasak Telur

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Bicara telur, erat kaitannya dengan sarapan. Dengan menyantap telur di pagi hari, perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga Anda memiliki energi untuk menjalani aktivitas hingga waktu makan siang.

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Itu karena telur merupakan sumber protein dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Nah, agar tidak bosan, Anda perlu berkreasi saat memasak telur. Untuk itu, ketahui beberapa cara memasak telur klasik seperti, dilansir dari Times of India berikut ini.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Rebus
 
Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama
Ini adalah salah satu cara memasak telur yang paling sehat. Tentu, telur rebus menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang tengah berusaha menurunkan berat badan.
 
Untuk membuat telur rebus yang sempurna, Anda harus menggunakan telur yang telah berada dalam suhu ruangan. Masukkan ke dalam panci berisi air mendidih dan masak selama tiga hingga 10 menit di atas api sedang.
 
Perlu diketahui, waktu memasak yang singkat akan membuat tekstur telur masih lembut dengan kuning telur yang cair. Telur yang direbus selama 10 menit memiliki tekstur yang padat dan dapat dikonsumsi langsung, diiris, dihaluskan dan dijadikan bahan pembuat berbagai hidangan.
 
Poached
 
Anda mungkin pernah mendengar istilah ini. Telur yang dimasak dengan cara di-poached di dalam air mendidih tidak dimasak bersama cangkang atau kulitnya, melainkan dipecahkan terlebih dahulu. Telur lalu dimasak hingga bagian luarnya telah sedikit mengeras, namun bagian dalamnya masih dalam kondisi setengah matang.
 
Orak-arik
 
Telur orak-arik sangat lezat disantap sebagai menu sarapan. Untuk membuatnya, Anda harus mengocok telur hingga tercampur rata. Ini akan membuat tekstur telur saat matang menjadi ringan dan fluffy. Setelah menuangkannya ke atas penggorengan, masak terlebih dahulu selama beberapa detik, baru kemudian Anda bisa mengaduknya. 
 
Anda bisa menambahkan berbagai bahan lain untuk mengkreasikan telur orak-arik, mulai dari daging, sayuran hingga keju.
 
Goreng
 
Telur yang dimasak dengan cara digoreng akan menghasilkan telur mata sapi yang cantik. Anda bisa memasaknya setengah matang, atau hingga mata seluruhnya. Telur mata sapi paling lezat disantap dengan sepiring nasi goreng hangat atau roti tawar.
 
(mus)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya