Ketahui Warna-warna yang Disukai Serangga Tempat Tidur

Ilustrasi kamar tidur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bed bugs atau kutu tempat tidur, tungau dan serangga lain adalah alasan tepat Anda harus mencuci sprei, selimut dan sarung bantal secara rutin. Namun, Anda ternyata juga dapat meminimalisir kemungkinan serangga tempat tidur hinggap di ranjang Anda. Hal tersebut karena para peneliti telah menemukan fakta bahwa serangga-serangga kecil tadi menyukai sejumlah warna spesifik.

Ngerinya Bukan Main, Ini 5 Bahaya Sarung Bantal Kontor Terhadap Kesehatan Tubuh

Dalam sebuah studi yang telah dipublikasikan secara online di Journal of Medical Entomology, para peneliti meneliti warna apa yang umum dipilih oleh kutu dan tungau untuk dihinggapi. Caranya adalah dengan meletakkan delapan kartu yang memiliki warna-warna berbeda.

Seekor kutu pun diletakkan di tengah-tengah dan diberi waktu selama 10 menit untuk memilih kartu mana yang akan mereka hinggapi. Hasilnya, dua warna yang paling banyak dipilih anak merah dan hitam. Demikian dilansir dari Woman’s Day.

Ternyata Rumah Bisa Jadi Sumber Alergi

"Kami awalnya mengira kutu tempat tidur memilih warna merah karena darah juga berwarna merah dan itu adalah makanan mereka," ujar penulis studi, Corraine McNeill yang juga merupakan asisten profesor biologi di Union College di Nebraska.

Meski begitu, setelah diteliti lebih lanjut, alasan utamanya adalah karena kutu tempat tidur sendiri berwarna merah, sehingga mereka menghinggapi sofa, sprei dan kain berwarna merah karena ingin bersama dengan kutu-kutu lainnya.

Tungau Debu 'Ngumpet' di Sudut Rumah, Awas Bahaya Asma Mengintai

Dari studi tersebut, 29 persen kutu tempat tidur memilih warna merah untuk dihinggapi, sedangkan 23 persen memilih warna hitam.

Warna hitam sendiri banyak dipilih karena kutu dan tungau secara alami mencari tempat gelap. Mereka adalah hewan nocturnal dan biasa bersembunyi di sudut kasur dan tempat-tempat tersembunyi lainnya sebelum keluar untuk menghisap darah.

Peneliti juga mengatakan bahwa kutu tempat tidur, tungau dan serangga kecil lainnya tidak menyukai warna kuning dan hijau. Itu karena mereka cenderung menghindari area berwarna terang.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya