Bandung Jadi Tuan Rumah Pameran Ikon Kuliner

Festival Kuliner Bekasi Kampung Wong Kito di Summarecon Mal Bekasi
Sumber :

VIVA.co.id – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar hajatan pameran kuliner. Kali ini, kota Bandung menjadi tuan rumah pameran yang digelar mulai 9 Mei hingga 11 Mei 2016 tersebut.

Restoran Ini Ajak Pengunjung Berbagi Menu Baru

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan ajang kuliner tahunan itu untuk mempromosikan salah satu pesona Indonesia dalam bentuk wisata kuliner yang menjadi daya tarik wisata budaya. Alasan lain acara ini digelar juga untuk mendorong pemerintah daerah bersama stakeholder lain untuk membangun destinasi wisata kuliner Indonesia yang berdaya saing tinggi.

"Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan kuliner unggulan daerah agar dapat menjadi ikon di daerahnya sekaligus memperkenalkan kuliner tradisional Indonesia khususnya kuliner di kota Bandung," ungkap Arief melalui keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Sabtu 7 Mei 2016.

Asyiknya Mencicipi Kuliner Nostalgia di Utara Jakarta

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty, menyampaikan target wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2016 adalah 12 juta orang. Pameran kuliner dinilai cocok untuk menarik wisatawan dari luar negeri.

"Dari 12 juta orang itu, ditargetkan 5,4 juta wisman datang ke Indonesia untuk menikmati wisata kuliner. Pameran 30 ikon kuliner nusantara di Bandung ialah salah satu upaya kami meraih target wisman dari sektor kuliner tersebut," tutur Esthy.

Gerindra dan Demokrat Siap Berkoalisi di Pilgub Jawa Tengah

Raseno Arya selaku Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar menambahkan sebagai daya tarik, pameran 30 ikon kuliner nusantara ini akan menghadirkan chef Steby Rafael yang mendemonstrasikan salah satu masakan yang sudah terdaftar pada 30 ikon kuliner nusantara.

''Ada pula pertunjukan seni berupa pagelaran wayang seleb, sebuah produk kreatif dari wayang agent production yang gaul dikemas dalam format kekinian dengan penuh sentuhan teknologi oleh dalang kondang Ki Wawan Ajen,'' ujar dia.

Pertunjukan juga dimeriahkan Rita Tila, penyanyi beken Pop Sunda asal Kota Bandung, dan hiburan segar pelawak Ade Batak bersama Jenong Sasagon. ''Kolaborasi wayang seleb ini menekankan pada tema atraksi wisata  untuk sosialisasi branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia melalui seni pertunjukan yang atraktif dan menarik," tutur Raseno.

Raseno menargetkan seluruh kegiatan pameran 30 ikon kuliner ini bisa menarik jumlah pengunjung hingga sekitar 5.000 orang dengan interaksi dan transaksi nilai perputaran uang sekitar Rp2 miliar.

Seperti diketahui, salah satu potensi wisata Indonesia adalah wisata kuliner. Saat ini saja Indonesia memiliki sekitar 5.000 jenis makanan tradisional sebagai warisan budaya bangsa yang berpeluang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya