Unik, Gedung Pencakar Langit Ini Tidak Punya Jendela

Gedung AT&T
Sumber :
  • Wikimedia.org

VIVA.co.id – Berada di kota New York, sebuah gedung pencakar langit kukuh berdiri. Tidak seperti gedung pencakar langit pada umumnya, yang memiliki banyak jendela. Tak tampak sedikit pun jendela pada gedung yang menggunakan granit tersebut.

Puncak Gedung Tinggi Membeku Gegara Cuaca Ektrem, Netizen: Perubahan Iklim

Bangunan yang terletak di Thomas Street 33 ini menarik perhatian, karena berdiri tinggi menjulang tanpa jendela. Membuat setiap orang yang melewatinya mendongak ke atas, mencari tahu adakah jendela di antara tembok tersebut.

Percuma saja mencari tahu di mana letak jendela di Gedung setinggi 167,8 meter ini, karena sejauh mata memandang, yang terlihat hanya beberapa ventilasi.

Tewas Terjatuh dari Lantai 68, Remi Lucidi Sempat Kelabui Petugas Hingga Buka Paksa Pintu Darurat

Dilansir Amusing Planet, gedung ini merupakan milik perusahaan telekomunikasi multinasional AT&T dan dibangun pada tahun 1974. Saat itu AT&T meminta arsitek John Carl Warnecke untuk merancang struktur bangunan.

8 Potret Selebgram Remi Lucidi yang Tewas Terjatuh dari Lantai 68 Gedung Pencakar Langit Hong Kong

Harapannya, bangunan ini akan sanggup menahan serangan nuklir dan melindungi penghuninya dari reruntuhan selama dua minggu setelah serangan.

Sebuah permintaan yang dianggap tidak wajar kala itu dan AT&T ingin memastikan bahwa perlengkapan mahal mereka tetap terjaga. Karena gedung ini awalnya dibangun untuk menyimpan pusat saklar dan perlengkapan jaringan telepon jarak jauh sehingga memerlukan keamanan tingkat tinggi dan ruang.

Untuk itu, lantai bangunan ini dibangun lebih tinggi dari lantai pada umumnya. Setiap lantai memiliki ketinggian 5,4 meter, jadi meskipun terlihat tinggi, gedung ini hanya memiliki 29 lantai. Bahkan lantai di gedung ini dirancang untuk menahan jumlah beban yang sangat berat.

Setelah tahun 1999, bangunan ini digunakan untuk saklar telepon beberapa perusahaan lokal, tapi beberapa ruang juga digunakan sebagai pusat data berkeamanan tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya