Menyicip Roti Arab di Depan Masjid Masyhur Istiqlal Manado

Roti Arab
Sumber :

VIVA.co.id – Setiap daerah pasti mempunyai ciri khas kuliner dan jajanan  berbuka puasa. Di Manado, Sulawesi Utara misalnya ada kue yang terbilang unik dan tak dimiliki warga muslim kebanyakan.

Harees, Bubur Daging Khas Arab yang Populer Saat Ramadan

Adalah Roti Arab, kue basah khas berbuka puasa yang paling banyak diburu warga keturunan Arab Manado. Maklum saja, Roti Arab ini hanya dijual saat bulan Ramadan dan hanya dijual di depan Masjid Masyhur Istiqal Kampung Arab Manado.

"Hanya di sini yang menjual Roti Arab, dijamin tidak menemukan di tempat lain. Kalau dijual di tempat lain pasti rasanya beda. Pedagang takjil di depan Masjid Masyhur ini hampir semua menjual roti tersebut," kata Ahmad, salah seorang warga yang sedang membeli roti tersebut, Sabtu 18 Juni 2016.

Nikmatnya Bubur Suro, Sajian Khusus Ramadan di Palembang

Haikal Dukalang (15), pedagang Roti Arab mengatakan dagangannya paling banyak diserbu warga sejak awal puasa lalu. "Saya setiap hari menjual 250 biji sejak jam tiga sore hingga sebelum Magrib. Dan pasti roti ini ludes terjual," ujarnya.

Dia menuturkan Roti Arab berbahan tepung, gula, dan telur. "Itu untuk kulitnya. Sedang isi roti hanya mihun dan ikan cakalang yang dikukus kemudian dibubuhi bawang goreng. Kalau dimakan disiram pakai santan, silakan dicoba pasti enak," kata Haikal sambil menyodorkan roti tersebut.

Mantap, Restoran Ini Sajikan Deretan Sambal Pedas Nusantara

Roti Arab ini dijual seharga Rp5.000 untuk tiga roti. "Ibu saya Rohaya membuat kue ini sudah lama. Dan hanya bulan Ramadan saja sedangkan hari lainnya kami tidak jualan. Jika di tempat lain menjual roti ini pasti rasanya lain," ujarnya.

Bagi warga Muslim yang ingin mencari dan mencicipi roti ini silakan ke Masjid Masyhur Istiqlal Manado tepat berada di pusat kota dan berdekatan dengan Kampung Cina Manado.

Hummus.

6 Menu Ramadan Khas Dubai, Nomor 5 Populer di Indonesia

Mulai dari hummus hingga kabsa.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2017