Sederet Manfaat Kebiasaan Bangun Pagi

Ilustrasi alarm
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bangun lebih pagi, telah sejak lama dinilai memiliki banyak manfaat. Selain bermanfaat bagi kesehatan, bangun lebih awal juga meningkatkan produktivitas Anda selama sehariap penuh.

5 Manfaat Bangun Pagi, Terbebas dari Stres dan Mental yang Tidak Sehat

Nah, berikut ini adalah daftar alasan yang bisa meyakinkan Anda untuk mengatur alarm Anda tepat jam 6 pagi setiap harinya, seperti dilansir Times of India.

Lebih produktif

Efek Positif Bangun Pagi, Terhindar Depresi Hingga Lebih Produktif

Bangun lebih awal memberi Anda semangat beraktivitas seharian penuh. Selain membuat Anda memiliki lebih banyak untuk melakukan pekerjaan Anda, bangun lebih awal juga meningkatkan kecepatan Anda. Studi menunjukkan, ketika seseorang bangun pagi, dia lebih energik dan membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk melakukan tugas yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Dia juga lebih mahir dalam mengambil keputusan yang lebih baik, dalam perencanaan dan mencapai tujuan.

Kebugaran mental

Lakukan Rutinitas Pagi Ini Seperti Putri Diana, Bikin Tetap Bugar

Salah satu manfaat yang sangat signifikan dari bangun pagi adalah tingkat stres berkurang. Bangun pagi menghilangkan kemungkinan Anda untuk diburu-buru waktu di pagi hari. Anda dapat memulai hari Anda pada dengan optimis dan positif sepanjang hari.

Memperbaiki kualitas tidur

Orang yang bangun lebih awal cenderung akan tidur lebih awal pula. Itulah sebabnya bangun pagi perlu ditetapkan sebagai rutinitas dalam kehidupan Anda. Itu bisa meningkatkan jam tidur dan membuat tubuh lebih segar. Anda juga bisa menyesuaikan aktivitas Anda agar bisa tidur lebih awal.

Mendapatkan nilai yang lebih tinggi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Texas telah mengidentifikasi bahwa mahasiswa yang bangun pagi mendapat nilai yang lebih baik daripada mereka yang terlambat bangun. IPK mereka pun lebih tinggi daripada yang mahasiswa lain. Alasannya adalah bangun pagi meningkatkan produktivitas dan kualitas tidur.

Masa depan cerah

Bangun lebih awal bisa memberikan Anda aura positif. Sebuah studi yang pernah dilakukan telah menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi memiliki hidup yang lebih bahagia secara keseluruhan dalam jangka waktu yang panjang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya