Festival Gastronomi Terbesar di Indonesia Siap Dihelat

Aneka kuliner Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ochi April (Yogyakarta)

VIVA.co.id – Festival gastronomi terbesar dan pertama di Indonesia akan segera dihelat. Acara bertajuk Indonesia GastroFest 2017 (IGF) itu rencananya akan diadakan pada 21-31 Juli 2017, di Indonesia Convention Expo (ICE), BSD City, Tangerang Selatan.

Mahfud Md Perkenalkan Program 'Gastronomi' yang Lebih dari Sekedar Makan Siang Gratis

Acara ini digagas oleh Guruh Soekarno Putra selaku Ketua Dewan Pendiri Indonesian Gastronomy Association (IGA) bersama dengan Dyandra Promosindo.

"IGF 2017 merupakan sebuah acara yang memiliki karakter menyeluruh mengenai masakan. Bukan hanya yang tersaji, namun juga bertutur mengenai seni yang dihadirkan oleh sebuah sajian," kata Guruh saat konferensi pers, Rabu 12 Oktober 2016.

Mimpi Indonesia Jadikan Ubud Destinasi Wisata Gastronomi Dunia

Ia mengaatkan acara ini juga dimanfaatkan sebagai sebuah ajang penghargaan untuk mengurai kisah budaya, keragaman bumbu lokal dan teknik pengolahan yang detail dan berkelas, hingga sebuah menu lokal tersaji di ranah internasional.

Salah satu kegiatan yang ditampilkan dalam IGF 2017 ialah Gastrofest, yakni tampilan beragam menu masakan tradisional serta fushion ala Indonesia dan Internasional. Akan ada juga GastroWine, GastroCheese, GastroCoffee, GastroCocoa, dan GastroCigar.

Wisata Gastronomi Bakal jadi Ladang Pemerataan Pendapatan?

Acara ini tidak hanya ditujukan untuk pengusaha yang bergerak di industri masakan, namun juga seluruh masyarakat Indonesia yang mencintai seni dan budaya. IGF 2017 diadakan untuk membangun kesadaran serta melestarikan warisan seni masakan tradisional, sebagai karakter jati diri budaya kebangsaan.

"IGF 2017 juga berperan sebagai teater terbuka, yang diharapkan menjadi patokan dan barometer pergerakan gastronomi masakan nusantara Indonesia di mata dunia," ujar Guruh.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya