Tiga Makanan Khas Indonesia Siap Jadi Bintang di GastroFest

Bubur Pedas dari Kalimantan Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Pameran Indonesia GastroFest (IGF) 2017, yang akan digelar 21-23 Juli 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, akan menjadi etalase keragaman hidangan Indonesia yang sarat akan unsur budaya.

Mahfud Md Perkenalkan Program 'Gastronomi' yang Lebih dari Sekedar Makan Siang Gratis

"Masyarakat daerah akan diberi kesempatan untuk menampilkan aneka resep makanan warisan tradisional, khususnya yang belum pernah atau kurang dikenal kebanyakan masyarakat Indonesia," kata President Indonesian Gastronomy Association, Indra Ketaran, Rabu 12 Oktober 2016

Saat konferensi pers, ditampilkan tiga hidangan yang nantinya juga akan hadir pada IGF 2017, yakni Ikan Dole dari Sulawesi Tenggara, Udang Rambut Betara dari Jambi serta Bubur Pedas dari Kalimantan Barat.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Ikan Dole merupakan sajian khas lokal asal Buton, dengan bahan dasar ikan tenggiri yang dibalut dengan kegurihan santan dan digoreng renyah dengan minyak panas, sehingga mengeluarkan aroma bawang yang khas.

Udang Rambut Betara ialah sajian lokal yang berasal dari Kabupaten Batanghari, yang merupakan perpaduan berbagai macam bahan dasar khas Indonesia dengan daging udang cincang dan dibalut dengan remahan bihun.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Tak ketinggalan Bubur Pedas asal Sambas, Kalimantan Barat, yang merupakan makanan khas suku Melayu dan juga populer di Deli, Sumatera Utara.

Bubur pedas khas Sambas adalah sajian bubur penuh gizi yang dipenuhi dengan berbagai macam sayuran segar. Penyajiannya menggunakan taburan kelapa, ikan teri, kacang, lemon cui dan sambal.

"IGF 2017 ini diadakan untuk membangun kesadaran, serta melestarikan warisan seni masakan tradisional sebagai karakter jati diri budaya kebangsaan," ujar Indra.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya