Dari Buah Naga, Petani Asal Jember Raup Ratusan Juta Rupiah

Buah naga asal Jember
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Buah naga organik dari Kabupaten Jember, Jawa Timur, ternyata telah menembus pasar nasional dan memasok jaringan ritel besar di Jakarta dan sejumlah pasar di Pulau Jawa, bahkan mulai merambah pasar ekspor hingga ke Timur Tengah.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Salah satu anggota Kelompok Tani Mitra Tani Unggul, Kabupaten Jember, Asroful Uswantun mengatakan, kelompok taninya berhasil menembus jaringan ritel All Fresh di Jakarta dan memasok sejumlah pasar buah di Kalimantan.

"Setiap hari buah naga yang kami kirim minimal 10 ton ke beberapa pasar buah di Surabaya dan Jakarta," kata Asroful di Festival Buah Nusantara 2016 di Jakarta, Kamis, 17 November 2016.

Polisi Selidiki Kasus Dugaan Warga Jember Keracunan Usai Makan Takjil Gratis

Ia mengaku sudah delapan tahun ini menanam buah naga dengan memakai pupuk organik, bahkan telah mengantongi Sertifikasi Prima dari otoritas kompeten keamanan pangan daerah Dinas Pertanian Jawa Timur sebagai produk pangan yang aman dikonsumsi.

Buah naga organik milik petani Kabupaten Jember tersebut kini banyak dicari dan hasil panennya telah dikirim ke sejumlah pasar modern seperti di pasar swalayan di kota-kota besar.

Resep Simple Es Buah Naga yang Paling Nikmat Diminum saat Buka Puasa

Meski tidak begitu luas, hasil buah naga yang dikelola Asroful memang sangat menjanjikan, dan dari lahan yang hanya seluas tiga hektare, mampu menghasilkan sebanyak 20 ton buah naga per tahun.

"Setahun, pendapatan saya bisa mencapai Rp104 juta. Pengeluaran terbesar untuk pembelian pupuk organik yang setahunnya mencapai Rp12 juta," katanya.

Buah naga Jember

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya