Amankah Perasa di Produk Makanan Olahan?

Ilustrasi memasak.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Sebagian besar produk olahan yang beredar di pasaran mengandung perisa atau bumbu perasa tambahan. Biasanya, perisa diberikan agar produk yang dijual menjadi lebih menarik dari segi rasa. Meski hal itu menjadi daya tarik konsumen, namun banyak juga yang mempertanyakan keamanannya.

10 Makanan Terbaik Singkirkan Lemak, Bikin Bentuk Tubuh Jadi Lebih Baik

"Perisa adalah salah satu golongan tambahan pada bahan pangan. Kekhawatiran akan golongan itu memang ada," ujar Direktur Standarisasi Produk Pangan, BPOM, Dra Elin Herlina, di acara Merck Food Safety Forum, di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis 15 Desember 2016.

Ditambahkan Elin, untuk meredam kekhawatiran itu, pihaknya selalu melakukan sosialisasi terkait peraturan yang telah ditetapkan terhadap bahan perisa ini. Terlebih, segala produk yang telah beredar di pasaran, sudah seharusnya melalui uji untuk melihat keamanannya.

Saking Sulitnya Makanan, Warga Gaza Terpaksa Bobol Gudang Makanan Milik PBB

"Dilakukan uji aspek keamanannya dan juga dilakukan uji klinis pada orang dewasa dan anak-anak. Bahan pangan selama dalam batas yang diperbolehkan, itu masih aman," lanjut Elin.

Sehingga, Elin meyakini masyarakat untuk tidak khawatir terhadap keamanan produk yang telah diberikan logo resmi dari instansi terkait. Salah satunya logo resmi dari Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kedapatan keluar Rumah dan Bawa Koper, Inul Daratista Angkat Bicara

"Sesuatu yang sudah beredar dengan logo SNI, berarti telah dalam batas standar. Logo SNI ini harus sesuai regulasi yang ada," ujar Kepala Bidang Pertanian, Pangan dan Kesehatan, Badan SNI, Dr. Wahyu Purbowasito, di kesempatan yang sama.
 

Promo Ramadan di blibli

Serbu Promo Ramadan Blibli dengan Promo Gercep hingga 90%

Dengan mengikuti strategi belanja mingguan ini, Anda dapat memaksimalkan Promo Ramadan dari Blibli. Pastikan setiap kebutuhan Anda dan keluarga dapat terpenuhi.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2024