5 Persiapan Ramadhan Agar Puasa Lancar, Nomor 1 Penting Banget

Ilustrasi bangunan masjid jelang bulan Ramadhan
Sumber :
  • pinterest

VIVA Lifestyle – Ramadhan menjadi momen yang dinantikan banyak masyarakat Indonesia. Dalam menyambut bulan puasa, selain mempersiapkan diri secara spiritual, masyarakat juga semakin antusias membeli berbagai kebutuhan selama bulan Ramadhan.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Jelang Ramadhan 2023, ada 5 hal yang kerap menjadi buruan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Salah satu yang paling utama tak lain adalah kebutuhan akan bahan makanan-minuman, yang hampir setiap memasuki bulan Ramadhan aspek tersebut seolah menjadi pos yang cukup besar dalam laporan biaya pengeluaran rumah tangga.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dan selain urusan bahan makanan, ada pula perihal sandang atau fashion yang ternyata juga turut menyita perhatian selama bulan suci Ramadhan. Kebutuhan akan peralatan solat, pakaian Muslim-Muslimah pun jadi aspek yang patut diperhatikan.

Ilustrasi Ramadhan

Photo :
Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Selain 2 hal tersebut, ada pula 3 kategori kebutuhan persiapan jelang bulan Ramadhan yang perlu diperhatikan pemenuhannya, yakni kategori otomotif, rumah tangga dan kesehatan turut dipilih berdasarkan laporan di Tokopedia.

Bahan Makanan

Bulan puasa tidak terpisahkan dari momen sahur dan berbuka sehingga makanan dan minuman yang kerap laris manis dijual yakni kurma, madu dan sirup menjadikan penjualan jenis bahan makanan tersebut terbilang melesat jelang Ramadhan.

Masyarakat pun kerap bersikap lebih mempersiapkan segala kebutuhan untuk puasa Ramadhan dengan memastikan stok bahan makanan sudah lengkap tersedia menjelang Ramadhan. Ada peningkatan penjualan rata-rata hampir 4x lipat untuk daging sapi dan bawang di momen jelang Ramadan tahun ini.

Fashion Muslim

Jelang bulan puasa tahun ini, aspek fesyen /muslim menjadi kategori paling diserbu masyarakat lewat Tokopedia. Selain itu, perlengkapan ibadah, seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena dan sarung merupakan sejumlah produk paling diburu.

Otomotif

Masyarakat mulai mempersiapkan kendaraan untuk perjalanan jauh, seperti mudik. Tak heran, persiapan yang matang dimulai dari pemenuhan berbagai aksesori mobil dan motor agar dapat memadai selama perjalanan nanti.

Peralatan Rumah Tangga

Beragam perlengkapan rumah tangga, seperti alat masak untuk sahur, alat makan untuk berbuka, pembuat kue Lebaran dan lain-lain jadi pilihan jelang Ramadhan.

Hal ini lantaran lebaran identik dengan bersih dan rapi sehingga penataan rumah sudah dilakukan semenjak Ramadhan hingga nanti memberi kenyamanan di momen silaturahmi Lebaran.

Kesehatan

Di sisi lain, menjaga kesehatan menjadi hal penting yang terus diperhatikan masyarakat khususnya selama Ramadhan. Meski kasus COVID-19 sudah melandai, namun pandemi belum usai.

Sejumlah penyakit lain juga berisiko menulari sehingga butuh persiapan fisik yang matang saat silaturahmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya