Pia Karawo, Oleh-oleh Baru yang Unik dari Gorontalo

Pia Karawo, Oleh-oleh Baru Khas Gorontalo
Sumber :
  • VIVA/Putri Firdaus

VIVA – Kini ada pilihan buah tangan baru di kota Gorontalo, Pia Karawo. Kue dari toko Cafesera ini dinobatkan sebagai juara pertama Blue Band Master Oleh-oleh 2017. 

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bali yang Jangan Sampai Terlupakan, Awet dan Kekinian

Apa keunikannya dari buah tangan khas Gorontalo ini? Dijelaskan Ellyanti Phandeirot, pemilik kue, pia sederhana ini mengandung tiga unsur, sandang, pangan, papan. 

"Pia Karawo terdiri dari tiga unsur, yaitu sandang, pangan, dan papan," ujar Ellyanti, usai pengumuman pemenang Blue Band Master Oleh-oleh 2017 di Jakarta, Kamis 14 Desember 2017. 

Ramadhan di Singapura: Takjil Lezat dan Oleh-oleh Berlimpah, Ini Tempatnya!

Unsur sandang terdapat pada topping pia. Pia ini dihiasi motif sulam khas Gorontalo. Unsur pangan, terletak pada kelapa sebagai isian pia. Sedangkan unsur papan, terdapat pada kemasan pia yang dihias dengan kulit kelapa. 

"Untuk kemasan, kami permanis dengan daun kelapa yang biasanya dibuang. Bahan kelapa juga menjadi salah satu ciri khas kuliner Gorontalo," tambahnya. 

Pulang dari Jepang, Ria Ricis Berikan Langsung Oleh-oleh ke Teuku Ryan

Bagaimana dengan rasanya? Saat VIVA mencicipi kue ini, kulit pia terasa kering dan tidak begitu lembap. Akan banyak rempah, saat Anda menggigit pia yang ukurannya agak jumbo ini. 

Selain kelapa, pia juga diisi dengan cokelat manis. Rasanya padu dengan kulit pia yang tidak terlalu manis. 

Untuk presentasi, jelas pia ini berbeda dari pia-pia lain. Di atas permukaannya, terdapat motif sulaman khas Gorontalo dominasi warna hijau yang juga manis terasa. Yuk dicoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya