Cara Tepat Buat si Kecil Doyan MPASI

Ilustrasi bayi makan makanan pendamping ASI
Sumber :
  • pixabay/Advisor

VIVA – Memberikan MPASI menjadi tantangan tersendiri untuk kaum ibu. Sebab, tak sedikit anak di tahapan MPASI malah mengalami penurunan berat badan karena sulit mendapatkan kebutuhan kalori yang tepat.

Kapan Waktu Tepat Berikan Camilan untuk Si Kecil?

Di masa MPASI, anak baru mengenal bentuk, tekstur, warna, dan rasa makanan. Ini yang harus dipahami oleh ibu saat tahapan MPASI anak dimulai.

"Anak lebih senang makanan yang dipegang ibunya, jadi ibu harus siapkan makanan itu dan biarkan anak duduk sendiri. Kalau disuapin, biasanya enggak mau, lebih cenderung ingin memegang makanannya sendiri," ujar Konselor Laktasi, dr Ratih Ayu Wulandari, IBCLC, dalam acara Belahan Jantungku Vol. 2, di kawasan Kemang, Jakarta, Jumat 16 Februari 2018.

MPASI Cukup Hanya Pakai Buah dan Air Tajin? Ini Kata Dokter

Selain itu, ibu harus mau mengombinasikan ragam makanan agar anak tidak banyak menolak menu yang disuguhkan. Terlebih, saat memberikan MPASI tersebut, pastikan suasana hati anak sedang dalam kondisi baik.

"Mood-nya harus enak saat disuguhkan MPASI dan jangan lagi capek. Kalau lagi malas dan cranky, biarkan dia menyusu aja. Perlu dipahami, MPASI bukan berarti membatasi waktu menyusu ASI pada anak," ungkapnya.

Asah Perkembangan Motorik Anak Lewat Bentuk Camilan

Lebih lanjut, saat MPASI dilakukan, ibu sebaiknya meminimalisasi adanya pengalihan. Tak hanya itu, pastikan suasana yang menyenangkan saat MPASI diberikan.

"Kalau anak gampang teralihkan dengan suara berisik atau lampu terang, biasakan buat suasananya nyaman."


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya