Ayah Bantu Urus Bayi, Bikin ASI Ibu Lancar Melimpah

Ayah dan bayi
Sumber :
  • Pixabay/ miapowterr

VIVA – Tanggung jawab mengurus dan membesarkan anak bukan hanya tugas seorang ibu, melainkan juga ada tanggung jawab ayah untuk ikut terlibat. Sayangnya, ketika banyak ayah yang mulai mau terlibat dalam pengasuhan, mayoritas dari mereka belum terlalu paham pembagian peran yang mesti dilakukan, misalnya saja saat sang istri menyusui.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM, peran ayah sangat penting untuk memberikan rasa nyaman. Hal itu, kata dia bisa meningkatkan hormon oksitosin, yang mampu memperlancar produksi ASI.

"Jadi apa saja yang membuat nyaman ibunya itu akan menambah kandungan ASI dan ingat makanya ayah harus tahu peran-perannya," ungkap Utami, saat ditemui di Sheraton Gandaria, Rabu, 21 Februari 2018.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Beberapa peran yang bisa dilakukan olah suami atau ayah, yakni dengan membantu memandikan bayi, belajar menidurkan, membantu menggantikan popok dan tugas lainnya.

"Kalau ibunya lihat itu, ibunya nyaman dan ASI berhamburan," kata dia.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Utami memaparkan, dalam sebuah penelitian, jika sang ayah ikut terlibat, membantu dan mendukung pengasuhan dengan baik dan benar, keberhasilan menyusui bisa mencapai 98 persen.

Sedangkan untuk ayah yang kurang terlibat dalam mengasuh anak, keberhasilan menyusui hanya berkisar  26 persen. Ini kata dia, juga bisa melindungi anak dari risiko leukimia kanker betah bening, otak kurang pandai dan autisme.


"Jadi bapak-bapak punya power untuk tahu dan menentukan kehidupan. Bukan peran pembantu, itu yang harus dicatat dengan baik," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya