5 Tanda Bayi Mencintai Anda, Dilihat dari Gelagatnya

Ilustrasi ibu dan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA – Menjadi orangtua baru memang suatu hal yang menyenangkan sekaligus membingungkan. Tak sedikit para ibu baru yang masih berusaha menjalin kedekatan dengan buah hatinya.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Dikatakan psikolog Debbie Laible, kedekatan antara ibu dan bayi memang suatu proses yang perlahan-lahan. Naluri keibuan juga masih terasah dengan membuat anak perlahan mengenalinya sebagai wanita yang melahirkannya.

Berikut tanda di saat buah hati mulai mengenali dan mencintai Anda sebagai ibunya, dikutip dari laman Parenting, Senin, 22 April 2018.

ART Nana Mirdad Temukan Bayi Baru Lahir di Semak Dekat Rumahnya, Tak Pakai Baju Maupun Alas

1. Ia mengenali Anda

Mungkin gerakan Anda belum begitu lihai dalam merawat sang buah hati. Namun, si mungil sudah bisa mengenali ibunya melalui aroma air susu yang hanya ada pada diri Anda.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Cobalah untuk mengenali bahasa tubuh bayi Anda. Semakin baik Anda mengenalinya, semakin merasa aman dirinya di pelukan Anda. Kenali jenis tangisannya, pahami alasan di balik suara tangisnya, serta dengan tanggap membuatnya kembali nyaman.

Ilustrasi ibu dan bayi.

2. Ia menggoda Anda

Di bulan-bulan awal kelahiran, bayi mulai merespons pada ekspresi wajah sang ibu. Biasanya akan tampak berbagai ekspresi lucu dari bayi, seperti senyumnya yang merekah, tatapan hangat, serta ekspresi menyayangi. Di usia 4 bulan, ia akan mulai sulit melepaskan pandangannya dari Anda. Manis sekali, bukan?

3. Memilih objek kesukaan

Benda kesukaan seperti boneka binatang atau selimut idaman di usia satu tahun, ternyata menandakan bahwa objek tersebut menjadi simbol kasih sayang Anda. Biarkan si kecil memiliki objek kesukaannya agar di situasi tertentu, si kecil bisa merasa aman dengan hanya ditemani oleh barang tersebut.

Ilustrasi ayah mengasuh bayinya.

4. Ia menatap tajam pada Anda

Bayi akan perlahan-lahan mengenali wajah, suara, dan aroma dari sang ibunda. Tahap selanjutnya, ia akan mulai mengaitkan suara dan aroma itu dengan pandangan matanya. Tak heran, ia akan mulai mempelajari wajah Anda dan mengingatnya. Maka, biarkan si kecil menyerap dalam-dalam detail wajah Anda.

5. Ia mengecup Anda

Terkadang di usia satu tahun, bayi Anda akan mulai memberikan kecupan hangat dan menggigit pipi Anda. Bersiap untuk mendapati pipi yang basah atau bahkan area lain di wajah yang terkena kecupan si mungil. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya