Trik Shahnaz Haque Jawab Pertanyaan Anak Tentang Seks

Shahnaz Haque
Sumber :
  • Instagram/@Shahnaz.Haque

VIVA – Sebagai orangtua, Shahnaz Haque menilai pendidikan seks pada anak tidak seharusnya menjadi hal yang tabu. Karena itu, ia bisa sangat terbuka membicarakan masalah seks dengan anak. Bahkan hingga membuat anak-anak Shahnaz merasa malu.

Shahnaz Haque Biarkan Anak Main Gadget Asal Tetap Tahu Main Gundu

"Karena mereka sudah masuk fase baligh. Kalau mau ngomongin soal pacar harus diseleksi. Termasuk urusan seks, bahkan sampai soal hamil, bagaimana kalau dipegang sama laki-laki," ujar Shahnaz saat ditemui di sebuah acara di Jakarta.

Pada awalnya, Shahnaz mengaku, anak-anak merasa malu dan risih hingga bersembunyi di balik selimut. Tapi lama kelamaan, karena Shahnaz selalu membiasakan bicara secara terbuka, pembicaraan mengenai seks menjadi pembicaraan yang menyenangkan antara ibu dan anak. Tapi, Shahnaz mengingatkan orangtua lain untuk mengenali juga batasannya.

Langsing Sehat Ala Shahnaz Haque dengan Teknik Slimming World

Shahnaz Haque

"Sejauh apa? Sejauh anak bertanya, itu kuncinya. Jangan bicara sesuatu yang jauh sampai serius sekali, padahal anak cuma bertanya sampai segitu saja," kata Shahnaz.

Reaksi Shahnaz Haque Ditanya Soal Soraya Haque Pindah Agama

Ini juga menjadi salah satu pengalaman yang tidak terlupakan bagi Shahnaz saat menghadapi pertanyaan putri keduanya Charlotte. Saat Charlotte masih kelas 1 SD, tiba-tiba ia bertanya mengenai apa itu "ML".

"Saya berusaha mengeluarkan kalimat-kalimat kedokteran, saya jawab kalau itu adalah sebuah kegiatan yang akan menghasilkan keturunan. Enggak tahunya, dia cuma bertanya ada tulisan 'ML' di botol," kenang Shahnaz.

Seringkali orangtua sudah berpikir jauh terlebih dulu terhadap pertanyaan anak, jadi Shahnaz menyarankan agar orangtua jangan keburu berpikir jauh. Bisa saja yang ditanyakan anak bukan ke arah sana.

"Jadi tanyakan dulu yang jelas yang dimaksud anak apa," saran Shahnaz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya