ASI Ampuh jadi Antibakteri di Mulut dan Lambung Bayi

Bayi menyusui.
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA – Air susu ibu (ASI) mengandung berbagai macam manfaat bagi tubuh si mungil. Menurut studi terbaru, ASI memiliki peran penting terhadap kesehatan gigi dan mulut anak, di samping sebagai sumber gizi terbesar di masa tumbuh kembangnya.

Makan Sambal Picu ASI Jadi Pedas dan Bayi Diare? Ini Faktanya

Dilansir dari laman The Health Site, Senin, 12 November 2018, ASI merupakan sumber nutrisi terpenting untuk kesehatan anak. Ia mengandung antibodi yang mana mampu menjaga bayi tetap sehat dan mampu melawan infeksi.

Selain itu, ASI mampu menurunkan risiko alergi pada bayi. Bahkan, studi yang dilakukan Queensland University of Technology (QUT), pertumbuhan mikroba di mulut bayi dapat dihambat usai 24 jam diberikan ASI.

Viral Wanita Menyusui Kucing di Pesawat, Kok Bisa?

Perpaduan dari ASI dan air liur bayi ternyata berinteraksi secara aktif bagi kesehatan anak. Perpaduan keduanya dapat membantu produksi anti-bakteri yang mengandung hidrogen peroksida.

Menurut peneliti dari QUT's Institute of Health and Biomedical Innovation, Emma Sweeney, ASI memiliki kadar enzim yang tinggi yang disebut dengan xanthine oxidase yang kemudian ditemukan pada air liur bayi. Produksi xanthine oxidase tersebut bisa mengaktifkan sistem lactoperoksidase yang bekerja sebagai anti-bakteri.

Cerita Uung Victoria Finky, Jadi Pendamping Ibu Menyusui

Komposisi dari kondisi mikroba gigi dan mulut bayi baru lahir sangat berperan penting pada kesehatan dan kesejahteraan si mungil. Sementara, kondisi mikroba tersebut pada orang dewasa lebih stabil.

Dengan kondisi pH yang tepat pada mulut bayi, maka kesehatan lambung si kecil pun bisa terjaga. Hal ini membuat anti-bakteri turut aktif di lambung dan usus si kecil sehingga kesehatan bayi bisa terjaga dengan lebih baik. (ch)

Kanker payudara

Kenali 5 Tanda Kanker Payudara, Perempuan Sering Mengabaikan

Seiring bertambahnya usia, kemungkinan kanker payudara meningkat, dan seseorang mungkin tidak menunjukkan gejala yang mencolok.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2022