Hati-hati Kematian Bayi karena Tidur Satu Ranjang dengan Orangtua

Resep dan obat dokter untuk menjaga si kecil selama bepergian harus selalu dibawa untuk mengatasi keadaan darurat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bayi baru lahir masih rentan terkena penyakit menular karena daya tahan tubuhnya belum berkembang sempurna. Namun, selain karena penyakit infeksi, ada kematian bayi yang terjadi justru di tempat yang seharusnya paling aman dan nyaman untuknya, yakni di tempat tidur ibunya.

Polisi Bakal Ekshumasi Anak Semata Wayang Tamara Tyasmara Hari Ini

Wah, tidak terbayangkan ya Mums, si Kecil yang sudah kita nantikan selama 9 bulan lebih harus meninggal dengan cara menyesakkan.

Dilansir dari webmd.com, sekitar 3.500 bayi meninggal setiap tahunnya di Amerika Serikat, terkait dengan kecelakaan saat tidur. Penyebab kematian mendadak pada bayi ini disebut sebagai SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

Kenapa Pneumonia Jadi Penyebab Utama Kematian pada Bayi dan Anak?

Bayi meninggal akibat terhimpit sehingga tidak bisa bernapas atau kekurangan ruang untuk bernapas. Di Amerika, kasus SIDS meningkat tajam sampai 184 persen dari tahun 1999 ke 2015, menurut penelitian yang dilakukan oleh AAP (American Academy of Pediatrics).

SIDS memang tidak bisa dicegah 100 persen, namun AAP mengatakan bahwa memastikan bayi tidur dengan aman bisa mencegah atau menurunkan angka kematian akibat SIDS. 

Picu Kematian Anak, Ini Pencegahan Hepatitis Misterius

BACA SELENGKAPNYA

Tamara Tyasmara

Second Account Diduga Milik Tamara Tyasmara Dibongkar Keluarga Yudha Arfandi

Di 40 hari kematian anaknya, Tamara Tyasmara kepergok karaokean. Video Tamara Tyasmara tengah menyanyi bersama teman-temannya itu kini viral di media sosial. keluarga YA

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024