5 Aktivitas Seru untuk Anak Agar Tak Bosan Selama Karantina

Ilustrasi anak dan orangtua.
Sumber :
  • Pixabay/alphalight1

VIVA – Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga saat ini tengah dilanda rasa kebosanan karena masih melaksanakan imbauan untuk belajar di rumah. Sudah sebulan lamanya anak-anak tidak bisa bertemu dan bermain bersama teman-teman mereka. Hal ini tentu bukan hal yang mudah, karenanya orangtua harus kreatif mencari cara supaya anak tidak bosan selama karantina seperti saat ini.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Beberapa kegiatan seru dan menyenangkan di rumah seperti berikut ini yang dilansir dari laman Asiaone, bisa menjadi inspirasi.

Pretend play

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Pretend play atau permainan imajinasi adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat anak tetap sibuk di masa karantina seperti saat ini. Pretend play dapat meningkatkan imajinasi mereka.

Jadi, dorong anak untuk berkreasi dengan menyediakan mainan seperti peralatan dapur, peralatan dokter, rumah boneka, mobil mainan, dan lain-lain. Biarkan anak-anak bermain menjadi guru atau dokter, atau perawat dengan merawat boneka sebagai pasien atau bahkan bisa menjadikan orang di sekitarnya sebagai pasien.

Siswa Madrasah Bermain MB Junior Bersama Iriana Jokowi dan OASE KIM 

Atau, bisa siapkan permainan masak-masakan dan buat si anak menghidangkan masakan sesuai imajinasinya. Bisa juga gunakan media mobil-mobilan hingga sepeda di dalam rumah untuk pergi berbelanja atau ke sekolah.

Puzzle 

Bermain puzzle menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah. Ajak anak untuk menyelesaikan potongan puzzle menjadi gambar utuh dengan rentang waktu yang ditentukan.

Agar semakin menyenangkan, beri reward kepada anak ketika dia dapat menyelesaikannya dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Bermain seperti ini akan melatih pikiran anak lebih tajam memecahkan masalah secara konstruktif.

Menggambar dan mewarnai

Berikan buku gambar atau buku mewarnai serta crayon untuk membuat anak tetap sibuk selama karantina. Selain menyenangkan, kegiatan menggambar dan mewarnai juga melatih kreativitas anak.

Buat Kerajinan DIY

Kegiatan seperti ini akan membuat anak tetap sibuk selama karantina dan juga dapat mengasah keterampilan seninya. Pilih beberapa proyek kerajinan yang mudah dan tidak terlalu banyak menggunakan barang berbahaya seperti gunting atau korek api. Berikan pengarahan tentang proyek tersebut, dan berikan bahan-bahan yang diperlukan kemudian biarkan anak-anak mengerjakannya.

Musik dan menari

Musik dan menari adalah beberapa kegiatan yang paling menyenangkan dan ceria bagi anak selama masa karantina. Selain itu, momen ini juga bisa menjadi terapi bagi anak saat menghadapi situasi seperti saat ini. Selain itu, menari juga bisa menjadi alternatif latihan fisik bagi si kecil selama masa karantina.

Manfaatkan periode ini dengan melibatkan anak dengan aktivitas seperti di atas yang akan membuat mereka bahagia serta mendorong mereka untuk tumbuh menjadi individu yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya