5 Mainan Anak Paling Berbahaya di Dunia yang Pernah Dibuat

Ilustrasi anak sedang main.
Sumber :
  • flickr

VIVA – Mainan anak paling berbahaya di dunia setiap tahunnya ada ribuan produk ditarik kembali. Mainan tersebut dianggap berbahaya bagi anak-anak, bahkan dapat menyebabkan cedera.

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

Liburan adalah waktu untuk menyebarkan keceriaan dan merayakannya bersama orang-orang terkasih. Namun, banyak mainan yang diberikan selama musim liburan mengandung bahaya tersembunyi yang  menempatkan anak-anak pada risiko cedera atau kematian, menurut World Against Toys Causing Harm (W.A.T.C.H.). Faktanya, setiap tiga menit, satu anak di Amerika Serikat dirawat di ruang gawat darurat karena cedera terkait mainan.

Sejak awal pandemi Covid, lebih banyak waktu bermain di rumah bagi sebagian besar anak dalam upaya untuk menghentikan penyebaran, sehingga meningkatkan waktu anak-anak dengan mainan. Satu hal yang dapat kita lakukan adalah mewaspadai mainan berbahaya di pasaran yang menghadirkan bahaya untuk anak.
Berikut ini adalah lima mainan anak paling berbahaya di dunia yang pernah dibuat.

Kondisi Membaik, Beckham Putra Bisa Tampil Lawan Persebaya Surabaya

1.  Panahan Rumput

panahan rumput

Photo :
  • takejusticeback
Comeback Usai Cedera, Lionel Messi Langsung Bikin Gol! Tapi Inter Miami ...

Mainan pertama yang paling berbahaya di dunia adalah panahan rumput. Awalnya dirancang untuk menembus rumput dalam permainan yang mirip dengan tapal kuda, anak-anak menemukan cara yang berbeda untuk menggunakan anak panah. Mainan ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1970 sebelum mencapai kesepakatan dengan produsen untuk menghindari menjualnya sebagai mainan. Sebanyak 6.000 anak pergi ke rumah sakit pada tahun 70-an dan 80-an dengan cedera bahkan kematian. CSPC resmi melarang untuk selamanya pada tahun 1988 dan mendesak konsumen untuk menghancurkan game yang tersisa.

2.   Boneka Penari Langit

Boneka Terbang Penari Langit

Photo :

Mainan anak paling berbahaya di dunia yang kedua adalah boneka penari langit (Sky Dancers). Boneka berbentuk peri ini memiliki sayap busa lembut yang memungkinkan mereka berputar di udara saat diluncurkan. Sayangnya, ketika kabelnya ditarik untuk meluncurkan peri, ia melakukannya dengan kecepatan tinggi. Dilansir oleh oal-law.com, tiga tahun setelah diperkenalkan ke pasar, Komisi Keamanan Produk Konsumen menerima 150 laporan cedera mata, gigi patah dan bahkan gegar otak ringan. Mainan ini sebagian besar dijual pada paruh kedua tahun 1990-an.  Hampir 9 juta akhirnya ditarik kembali pada tahun 2000.

3.   Laboratorium Energi Atom Gilbert U-238

Laboratorium Energi Atom Gilbert U-238

Photo :
  • takejusticeback

Mainan anak paling berbahaya di dunia selanjutnya adalah laboratorium energi atom Gilbert U-238. Mungkin kamu berpikir bahwa memasukkan uranium ke dalam mainan anak-anak bukanlah ide yang bagus. Namun ternyata hal itu tidak pernah terpikirkan oleh pembuat mainan Laboratorium Energi Atom Gilbert. Digambarkan ketika dijual pada awal 1950-an sebagai "perangkat pendidikan Energi Atom paling rumit yang pernah diproduksi" itu menampilkan empat sampel bijih yang mengandung Uranium. Bahkan di zaman ketika set sains secara rutin datang dengan zat seperti kalium nitrat (komponen bubuk mesiu) dan natrium ferrocyanide (sekarang ini diklasifikasikan sebagai racun), Laboratorium Energi Atom secara positif bersinar dengan bahaya.

4.   Permainan Kartu Bintang Pop Hannah Montana

Permainan Kartu Bintang Pop Hannah Montana

Photo :
  • takejusticeback

Mainan anak paling berbahaya di dunia yang ke empat adalah kartu dengan bintang pop Hannah Montana yang mengandung timbal. Timbal adalah racun rumah tangga paling mematikan kedua yang pernah ada. American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa tidak ada mainan yang mengandung lebih dari 40 bagian per juta timbal. Itulah mengapa sangat mengkhawatirkan ketika tes laboratorium mengungkapkan The Hannah Montana Pop Star Card Game mengandung timbal 75 kali lipat dari level itu – 3.000 bagian per juta.

Dilansir oleh takejusticeback, Hanna Montana bukan satu-satunya mainan beracun pada tahun 2007. Satu studi menemukan bahwa 35 persen dari semua mainan di rak penjual mengandung timbal tingkat tinggi, dan hampir 5 persen mengandung arsenik atau kadmium beracun. Pada akhir tahun, ada 42 penarikan yang melibatkan 6 juta mainan karena tingkat timbal yang berlebihan. Tapi Hanna Montana tetap berada di rak karena timah ditemukan di vinilnya, bukan di cat, dan dengan demikian tidak tercakup oleh peraturan.

5.  Manik-manik Air

Manik-manik air

Photo :
  • ubuy.co.id

Pasti tidak asing lagi dengan mainan anak yang satu ini. Namun ternyata mainan ini termasuk mainan anak paling berbahaya di dunia. Manik-manik air kecil berwarna-warni tak dapat disangkal memesona. Terbuat dari polimer penyerap super, mereka tumbuh dan berkembang terkadang hingga 200 kali ukuran aslinya, ketika ditempatkan di dalam air. Sayangnya, itu berarti berita buruk bagi anak-anak yang menelannya. Seorang anak berusia 8 bulan bahkan menjalani operasi untuk mengeluarkan bola air yang telah membesar dan menyumbat usus. Meskipun beberapa merek manik-manik air ditarik kembali pada akhir 2012, mereka masih beredar luas, sebagian besar di toko kerajinan dan pusat taman.

Mainan anak-anak seharusnya aman bagi anak yang umumnya tidak tahu apa itu bahaya. Maka dari itu, sebagai orang dewasa, terlebih sebagai orang tua kita harus lebih berhati-hati dalam memilih mainan yang cocok untuk anak. Mainan yang cocok bisa disesuaikan dengan umurnya dan cara kerja mainannya. Tidak lupa juga harus banyak mencari tahu mainan yang akan kita berikan ke anak-anak. Seperti mencari tahu kandungan didalamnya apakah menggunakan bahan kimia berbahaya atau tidak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya