Musim Panas Rentan Picu Iritasi, Ini Perawatan Alami Kulit Si Kecil

Ilustrasi anak iritasi
Sumber :
  • networkadvocate.com

VIVA Lifestyle – Penting untuk melindungi kulit sensitif bayi dari panasnya terik matahari musim panas. Bukan tanpa alasan, kulit si kecil yang terpapar panas kerap diintai masalah kulit mulai dari ruam, gatal, hingga iritasi sehingga butuh ekstra perhatian agar tetap sehat nih, moms.

Anwar Fuady Mau Nikah di Usia 77, Begini Respons Anak-anaknya

Saat musim panas terasa semakin panas, kulit bayi membutuhkan perawatan dan nutrisi ekstra. Sebagai orang tua baru, wajar jika bingung bagaimana merawat kulit bayi selama musim panas karena suhu begini dapat menyebabkan beberapa masalah kulit. Meskipun ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, para moms dapat meminimalkannya dengan memasukkan deret perawatan kulit alami yang rutin untuk si kecil.

Temperatur yang melonjak sering menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan pada bayi. Beberapa masalah umum selama musim panas adalah ruam panas, ruam popok, kulit kering, dan biang keringat. Karena kulit bayi tipis dan halus, keringat dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, yang selanjutnya menyebabkan masalah ini. 

Pentingnya Menetapkan Batasan Gadget pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

"Untuk mengurangi ketidaknyamanan dan menjaga bayi Anda tetap sejuk, gunakan produk yang direkomendasikan dokter yang diperkaya dengan bahan-bahan alami dan menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, lembap, dan selalu ternutrisi," kata Dr. Subhashini. N.S., Ayurveda Expert, dikutip dari laman Medindia

Berikut tips perawatan kulit untuk memastikan kulit bayi Anda tetap sehat sepanjang musim panas.

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Segarkan kulit dengan mandi

Mandi adalah cara terbaik untuk menghilangkan keringat dan menjaga kebersihan kulit. Gunakan air hangat dan hindari air panas. Anda juga dapat memilih sabun mandi dan sabun bayi menyegarkan yang diresapi dengan ekstrak herbal yang membantu melindungi kulit bayi. 

Seperti kandungan semangka yang membantu menjaga kulit bayi tetap sejuk dan segar. Bahan alami lain seperti Aloe Vera, Nutgrass Oil, dan Mustard Oil. Aloe Vera membantu melembabkan kulit, Nutgrass Oil membantu meredakan ruam, dan Minyak Mustard membantu mengurangi rasa gatal.

Mencegah biang keringat

Untuk meredakan biang keringat pada bayi, disarankan untuk menggunakan bedak bayi biang keringat. Ini membantu dalam menenangkan kulit dan menjaganya tetap kering. Sedikit biang keringat dengan bahan alami membantu meredakan gatal dan menenangkan kulit, atau bahan lain yang membantu mendinginkan kulit bayi.

Gunakan krim ruam popok

Mengganti popok sesering mungkin selama musim panas membantu menjaga kulit tetap segar dan menghindari ruam popok. Selain itu, pilihlah krim ruam popok yang mengandung Minyak Almond yang berfungsi sebagai pelembab dan membantu mengurangi peradangan kulit serta menyembuhkan ruam. 

Bicara soal popok, MAKUKU, pelopor popok anti gumpal dengan teknologi struktur inti Super Absorbent Polymer (SAP) di Indonesia, menjalin kerja sama dengan Eka Hospital BSD, Bekasi, Cibubur dan Pekanbaru dalam rangka memperluas layanan dan edukasi seputar kesehatan ibu dan anak. Kerja sama ini berlaku mulai Agustus 2022 melalui sejumlah program kolaborasi termasuk penyediaan popok berkualitas dari MAKUKU hingga konten edukasi bersama dokter spesialis dari Eka Hospital. 

Bayi Pakai Popok

Photo :
  • inmagine.com

CEO MAKUKU Indonesia, Jason Lee, mengungkapkan, sebagai produsen popok berkualitas pertama dengan teknologi struktur inti SAP di Indonesia, MAKUKU berkomitmen untuk selalu menyediakan produk dan layanan yang terbaik bagi ibu dan anak. Kerja sama dengan Eka Hospital Group merupakan salah satu wujud komitmen kedua pihak.

"Ini untuk menjangkau masyarakat dan memperluas edukasi seputar kesehatan ibu dan anak, penggunaan popok, serta parenting," tuturnya dikutip dari keterangan pers Makuku.

Senada Chief Operating Officer Eka Hospital Group, drg. Rina Setiawati, mengatakan, pihaknya tengah mengeksplorasi sejumlah program yang melibatkan pakar dari Eka Hospital dan MAKUKU untuk mendampingi para orangtua dalam pengasuhan anak. Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi program-program menarik bersama MAKUKU yang dapat kami persembahkan kepada masyarakat.

"Motherhood adalah sebuah perjalanan panjang bagi seorang ibu. Kami memahami bahwa menyambut sang buah hati adalah salah satu momen yang luar biasa. Kami berharap kerja sama dengan MAKUKU ini dapat mengeskalasi kenyamanan bagi para ibu yang melahirkan di Eka Hospital khususnya dan masyarakat luas pada umumnya," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya