Si Kecil Susah Makan? Ini 3 Trik Mudah Bisa Dicoba Para Moms

Anak susah makan/picky eater.
Sumber :
  • unsplash

VIVA Lifestyle – Memberi nutrisi tepat dan sesuai kebutuhan untuk si kecil, mungkin menjadi hal yang cukup menantang bagi sebagian besar orang tua. Bukan tanpa alasan, balita membutuhkan nutrisi lebih banyak namun sering kali sulit mengonsumsinya karena berbagai alasan alias Gerakan Tutup Mulut (GTM).

Bunda, Jangan Panik! Ini Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Lantas, apa yang seharusnya dilakukan orang tua ya? Balita membutuhkan berbagai makanan setiap hari yang bisa divariasikan agar terhindar dari kondisi anak susah makan.

Mulai dari buah dan sayuran, roti dan sereal, daging, ikan, ayam, telur dan kacang-kacangan, dan susu, keju dan yogurt, untuk kesehatan dan pertumbuhan yang baik.

Anak Kurang 1 Tahun Banyak Alami Neophobia, Apa Itu?

Produk susu rendah lemak dapat dimasukkan untuk balita dua tahun atau lebih, tetapi hindari produk susu tanpa lemak dalam kelompok usia ini.

Bayi susah makan.

Photo :
  • http://infosista.com/anakku-sulit-makan/
Anak Susah Makan Sebabkan Gampang Sakit Hingga Malnutrisi, Orang Tua Harus Lakukan Ini

Namun, diet terbatas tidak dianjurkan untuk balita, karena dapat membatasi energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Maka dari itu, sikap GTM pada anak perlu diatasi sesegera mungkin moms. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya, pertumbuhan dan perkembangan si kecil bisa lebih optimal.

Berikut trik bagi si kecil yang sedang GTM. Dicoba yuk Moms!

Bersenang-senang dengan Makanan

Anda dapat menggunakan aktivitas makanan dengan anak yang lebih besar untuk membantu mereka belajar tentang makanan dan nutrisi. Mulai dari membiarkan anak-anak terlibat dalam persiapan makanan dasar.

Bisa dengan meminta tolong mencuci atau mengupas sayuran, membuat sandwich atau salad, atau memanggang muffin buah atau sayuran, sembari mengajarkan mereka tentang makanan sehat

Nikmati Makan Bersama Keluarga

Para orang tua sebaiknya menghindari gawai di saat makan bersama. Buat suasana menjadi lebih menyenangkan di momen ini. Pahami juga agar tidak paksa anak untuk makan saat lelah atau tidak lapar.

Tawarkan air putih untuk diminum tetapi hindari minuman manis seperti jus atau minuman manis yang tidak diperlukan.

Anak susah makan/picky eater.

Photo :
  • unsplash

Camilan sehat

Camilan di antara waktu makan adalah bagian penting dari hari untuk anak kecil, jadi jagalah agar tetap sehat, bergizi, dan semenarik mungkin. Bentuk camilan sehat berupa buah-buahan segar dan kering atau keripik dengan keju.

Bisa juga, yogurt yang dapat dibekukan dalam cuaca panas sebagai pengganti es krim. 

Bentuk camilan lain berupa roti kismis, roti buah atau muffin panggang, biskuit polos, hingga stik sayuran. Ingat bahwa sayuran keras harus diiris tipis, parut atau kukus untuk anak di bawah usia tiga tahun untuk mengurangi risiko tersedak

Fakta yang ada, belum semua anak Indonesia memiliki keberuntangan yang sama dalam mengakses kemajuan.

Dimana ada 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan yang maksimal. 

Maka, SGM Eksplor berinisiatif untuk meluncurkan gerakan sosial “Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia” guna mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama berkontribusi memberikan dukungan bagi anak Indonesia agar mendapatkan akses nutrisi dan pendidikan yang mendukung anak Indonesia dalam mencapai potensi maksimalnya untuk jadi generasi maju. 

"Di tahun ini, dalam semangat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, SGM Eksplor kembali mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berkontribusi dalam upaya mendukung pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan anak-anak Indonesia yang masih memiliki keterbatasan dalam akses nutrisi dan pendidikan, melalui gerakan sosial “Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia” guna mendorong terciptanya generasi maju yang dapat membawa Indonesia menjadi lebih maju kedepannya," ucap Senior Brand Manager SGM Eksplor, Shiera Syabila Maulidya.

SGM Eksplor telah menghadirkan inovasi produk susu pertumbuhan yang mampu mendukung pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang bagi anak berusia di atas 1 tahun dengan IronC, kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, DHA, Minyak Ikan, Omega 3&6, serta nutrisi penting lainnya untuk dukung si Kecil memaksimalkan potensi dan meraih kemajuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya