Bayi Rentan Alami Masalah Kulit, Cegah dengan 3 Cara Simpel Ini

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/bayi.
Sumber :
  • Freepik/gpointstudio

VIVA Parenting – Kulit bayi yang masih sensitif tak jarang membuat orangtua khawatir. Bagaimana tidak, kulit bayi yang masih halus dan lebih tipis dibanding kulit orang dewasa, rentan terkena berbagai masalah kulit. Misalnya saja, bintik-bintik merah, bekas luka, hingga ruam pada kulit. 

Dipicu Emosi, Ayah Tiri Aniaya Bayi 10 Bulan Hingga Tewas

Ada berbagai cara untuk menghindari masalah-masalah kulit tersebut, seperti menjaga kebersihan kulit bayi secara berkala, memastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau dingin, hingga mengoleskan losion khusus pada kulit bayi. Yuk, scroll untuk info selengkapnya moms.

Losion bayi umumnya digunakan untuk menjaga kelembapan dan merawat kulit bayi. Pemakaian losion juga bisa digunakan untuk mencegah berbagai masalah-masalah kulit yang kerap menyerang bayi. 

Heboh Penemuan Jasad Bayi Sudah Membusuk di Dalam Kaleng Biskuit

Namun, berbagai produk losion bayi yang beredar saat ini tersedia dalam dua jenis, yakni untuk kulit wajah dan tubuh bayi, sehingga tidak praktis digunakan. Produk baby lotion juga banyak yang diproduksi dengan tekstur yang lengket, sulit merata, dan terasa 'berat' saat digunakan pada kulit bayi. 

Usia 43 Tahun Ternyata Wulan Guritno Masih Alami Masalah Breakout

Bidan Siti Maryam, menyarankan untuk memilih produk perawatan kulit bayi yang menggabungkan dua fungsi perawatan, yaitu untuk kulit tubuh sekaligus wajah bayi. 

"Sangat membantu problem ibu-ibu sekarang ini, di mana losion bayi biasanya untuk tubuh sendiri untuk wajah sendiri," jelasnya di sela sesi mengisi podcast di salah satu channel Youtube Momstalk podcast, dikutip VIVA, Selasa 21 Februari 2023. 

"Bunda dan ayah perlu tahu. Selama tumbuh kembang bayi, kelembutan dan kelembapan kulitnya tetap perlu dipertahankan, sehingga tampak kenyal dan lembut lebih lama," tambahnya. 

Menurut Siti Maryam, kelembutan dan kelembapan kulit bayi merupakan gambaran yang menunjukkan bahwa orangtua benar-benar merawat bayi mereka. Karena itulah, perawatan kulit bayi perlu menjadi salah satu hal yang mesti diprioritaskan. 

Dia melanjutkan, produk Doodle Daily Baby Lotion Face & Body juga bisa dipakai baik untuk tubuh maupun wajah. Dengan demikian, lebih praktis tanpa harus menggunakan losion wajah atau tubuh secara terpisah. 

Ilustrasi bayi

Photo :
  • Pexels

Produk ini diklaim dapat menutrisi kulit bayi karena kandungan shea butter di dalamnya. Selain itu, ada kandungan almond oil untuk mempertahankan kekenyalan kulit serta mengandung vitamin E dan K yang mampu menutrisi dan meregenerasi kulit bayi. 

Rosa salah satu pengguna setia produk dari Doodle Exclusive Baby Care yang juga salah satu finalis Indonesian Idol, sangat terkesan dengan hadirnya produk ini. 

"Seminggu setelah menggunakan Doodle Baby Lotion, bruntusan di kening anakku mulai memudar dan juga kandungannya supermild. Jadi, mudah meresap, very well recommended produk," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya