Jangan Dilarang Moms, Ini 5 Manfaat Mengejutkan Bermain untuk Anak

Ilustrasi anak main pasir
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Parenting – Terkadang, orangtua kerap melarang anak-anaknya jika terus-menerus bermain. Sebagai orang dewasa, sepertinya bermain bukanlah hal yang prioritas bagi anak. Padahal, ini adalah waktu yang penting bagi mereka, di mana bermain bisa membantu si kecil berkembang dan belajar. 

Detik-detik Bocah 5 Tahun Tewas Tertabrak Bus di Cilegon Saat Cari Klakson Telolet

Dan jika Anda khawatir anak Anda bermain didekat anak lain yang Anda takutkan, jangan khawatir. Itu adalah tahap perkembangan yang sangat normal. Lalu, apa saja manfaat bermain untuk anak? Berikut penjelasannya, dikutip Mom Love Best, Senin 20 Maret 2023. Yuk, scroll. 

Meningkatkan kekuatan otak
Saat anak bermain menggunakan mainan tertentu, akan membuat si kecil menghasilkan IQ yang lebih tinggi, terlebih jika usianya 3 tahun. Bahkan, ketika diuji ulang pada usia 4,5 tahun dalam sebuah penelitian, hanya dengan memberikan mereka mainan lalu mereka menggunakannya, Anda sudah membangun kekuatan otak mereka. 

Ayah dan Anak Balita Tewas saat Mancing, Bermula Ketika Anak Tercebur ke Sungai

Ilustrasi anak main pasir

Photo :
  • Pixabay

Meningkatkan kreativitas
Ketika anak punya waktu untuk bermain, mereka juga punya waktu untuk berimajinasi dan berkreasi. Entah mereka bermain tanah di halaman atau menjelajahi batas kemampuan fisik dengan jungkir balik atau yang lainnya, itu berarti anak sedang mengembangkan kreativitasnya. 

Moms! Baby Blues Berkepanjangan Bisa Sebabkan Post Partum Depression, Begini Cara Cegahnya

Anak lebih bahagia
Bagi banyak anak, mendapatkan waktu bermain bisa membuat mereka lebih bahagia. Mereka akan merasakan kegembiraan yang nyata untuk melakukan permainan favorit mereka, menjajal mainan baru atau bermain dengan teman. 

Mengembangkan kosakata dan bahasa
Dengan berpartisipasi dalam sebuah permainan, anak-anak terutama di usia pra-sekolah, dapat benar-benar meningkatkan kemampuan berbicara dan pemahaman mereka terhadap kata-kata yang mereka ucapkan. 

Berada di sekitar anak lain selama bermain, juga dapat membantu memperkaya kosakata dan bahasa mereka, karena anak cenderung suka mempelajari kata dan frasa baru dari satu sama lain. 

Membantu anak mengatasi stres
Anak-anak akan menghadapi banyak hal seiring bertambahnya usia. Tidak hanya orang dewasa, anak juga bisa mengalami stres. Nah, bermain dapat membantu mereka belajar bagaimana cara menyeimbangkan kembali stres dalam hidup mereka dan mengatasi tekanan sehari-hari yang akan mereka hadapi. 

Di sisi lain, baru-baru ini Timezone berhasil mendapatkan penghargaan Top Digital Company Award 2023 (TDCA 2023) dari Majalah Marketing. TDCA 2023 adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada lebih dari 180 perusahaan dari 69 kategori industri di Indonesia atas keberhasilannya menjalankan transformasi digital terbaik untuk meraih keunggulan jangka panjang. 

Timezone

Photo :
  • TImezone.com

Timezone terpilih pada kategori Game Entertainment/Kids Game dengan poin 84,64 lebih tinggi daripada penilaian rata-rata industri di kategori yang sama, di mana rata-rata industri kategori Game Entertainment/ Kids Game ada di angka 81,48.

CEO dan Presiden Direktur Timezone Indonesia Naveen H, memberikan apresiasi khusus atas pencapaiannya ini. Dia mengatakan, fokus kepada guest experience merupakan fokus utama bagi Timezone Indonesia dalam mencapai visinya untuk menyebarkan kebahagiaan dan menciptakan momen terbaik bagi pengunjung. Di mana hal ini tidak hanya dilakukan di venue Timezone, namun juga di mana pun mereka berada yang saat ini dapat dilakukan menggunakan kanal digital. 

"Meningkatkan guest experience supaya mereka nyaman dan loyal kepada Timezone merupakan salah satu turunan visi dari perusahaan, yaitu menyebarkan kebahagiaan dan menciptakan momen terbaik dan hal ini tidak hanya berlaku ketika pelanggan kita bermain. Perkembangan digital yang pesat di Indonesia dan pelanggan yang well-connected membuat Timezone meluncurkan berbagai inisiatif digital, salah satunya adalah Timezone Fun App, sehingga bisa terus terhubung dan relevan dengan pelanggan kami pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” papar Naveen dalam keterangannya. 

Senada yang diucapkan Naveen, General Manager Marketing Timezone Indonesia, Kikie Randini, juga memberikan apresiasi terkait penghargaan ini. Menurut Kikie, keberhasilan Timezone meraih penghargaan terkait inovasi digital ini karena kesuksesan mereka dalam membangun engagement melalui peluncuran Timezone Fun App yang mencapai hampir dari 400 ribu unduhan sejak peluncurannya pada Maret 2022. 

“Perkembangan dunia digital yang cepat dan penggunaan ponsel pintar yang makin menjadi umum bagi masyarakat Indonesia mendorong Timezone Indonesia untuk meluncurkan Timezone Fun App untuk senantiasa terhubung dengan pelanggan melalui program dan promo yang secara rutin ditawarkan dalam aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini merupakan bagian dari sistem CRM yang terintegrasi dengan baik sehingga kami bisa berkomunikasi dan terhubung dengan pelanggan setia kami. Kanal digital ini juga ditujukan untuk membantu tim kami di toko untuk melayani pelanggan secara cepat dan tepat,” ujar Kikie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya