Ayah Bunda, Ini Tips Mengontrol Penggunaan Media Sosial Anak Agar Lebih Sehat

Ilustrasi media sosial.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Penggunaan media sosial memang tidak bisa dikontrol, apalagi anak zaman sekarang yang serba penggunaan digital.

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

Kata Psikolog dan Ahli Parenting Irma Gustiana, generasi sekarang ini memang lebih terdidik namun juga berisiko terkena kesehatan mentalnya. Hal itu dikarenakan bullying secara verbal maupun dari cyber.

Irma Gustiana, Psikolog dan Ahli Parenting

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan
Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

Menurutnya, orang tua dan sekolah merupakan dua lembaga yang memiliki kontribusi terhadap perkembangan kejiwaan anak-anak.

“Berbicara terkait pengasuhan, sekolah dan orang tua adalah dua lembaga terbesar yang memiliki kontribusi terhadap perkembangan kejiwaan, perkembangan kepribadian, dan juga karakter anak. Karena mereka ini kan nanti di 2045 yang akan menjadi leader di negara ini,” ujarnya saat ditemui awak media di kawasan Cianjur, Jawa Barat, Jumat, 8 Maret 2024.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

“Remaja usia 13-15 tahun ini di fase kritis, di fase krisis, sehingga menjadi tugas penting sekali bagi orang tua dan juga sekolah untuk saling berkesinambungan memberikan banyak sekali edukasi terkait mana yang boleh, mana yang tidak boleh terkait pemanfaatan digitalisasi,” pungkasnya.

Lebih lanjut, ketika orang tua membiarkan anak mereka mengakses gadget tanpa ada batasan waktu, maka akan berdampak dalam perkembangan psikologis anak.

“Karena kalau kita bicara terkait pengasuhan ketika orang tua tidak peduli terhadap apa yang dilihat anak, tidak peduli durasi waktunya, tidak peduli dengan siapa anak bermain di dunia maya, maka akan berdampak sekali terhadap perkembangan psikologisnya (anak),” bebernya.

Jalani komunikasi tanpa tindakan kekerasan

Irma Gustiana, Psikolog dan Ahli Parenting

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan

Tips orang tua untuk anak dalam penggunaan media sosial yang pertama yaitu menjalin komunikasi dengan baik. Hindari untuk bertindak kasar.

“Yang pertama sih sebetulnya kalau keluarga itu intinya adalah komunikasi. Berarti memang orang tua dan anak itu perlu membuka cara komunikasi terbuka dengan anak. Tapi, berkomunikasi dengan anak hindari yang namanya kekerasan,” tandasnya.

“Seringkali kita bicara dengan anak dengan kasar, dengan hukuman, dengan tidak positif terhadap anak. Sehingga anak menjadi menolak untuk berkomunikasi dengan orang tua. Jadi saran terbaik adalah buka komunikasi ramah dengan anak, kemudian setelah komunikasi dengan anak, kita (orang tua) bisa menyampaikan edukasi terkait mana yang boleh, dan yang tidak terkait dengan bullying, terkait dengan pelecehan, pornografi, dan juga boundaries (batasan diri),” terangnya.

Lalu kemudian, kata Irma, bekerjasama dengan pihak sekolah. Hal ini karena sesuatu yang berkelanjutan. Sehingga memang nilai-nilai dalam pemanfaatan digitalisasi media sosial dan internet itu sama antara nilai di rumah dengan nilai yang diajarkan di sekolah. Orang tua juga disarankan untuk mau belajar dalam mendidik anak.

“Kemudian orang tua juga harus mau jadi orang tua yang mau belajar. Karena belajar ini kan sepanjang masa sebagai orang tua. Harus tahu apa yang sekarang di gemari anak remajanya, sehingga bisa nyambung saat berkomunikasi. Kalau nyambung sama orang tua, sefrekuensi itu rasanya nyaman diajak diskusi,” kata Irma menjelaskan.

Tips terakhir yaitu orang tua harus lebih peka terhadap perubahan yang terjadi pada anak. Ketika mengetahui ada perubahan, maka orang tua akan segera bertindak tegas dan segera meminta bantuan kepada pihak yang lebih berpengalaman.

“Dan yang terakhir memang perlu segera menjadi peka terhadap sebagai orang tua mengetahui tanda-tanda perubahan dari emosi dan perilaku anak, sehingga ketika ada sesuatu hal terkait dengan aktivitas bullying, kekerasan, atau hal-hal lain itu orang tua segera bisa antisipasi, bekerja sama dengan sekolah dan minta bantuan dari expert,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya