Begini Cara Mudah Jelaskan Konflik di Palestina pada Anak

Ilustrasi anak-anak Palestina di suasana peperangan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tak sedikit orang tua menganggap konflik antara Israel dan Palestina terlalu kompleks, sehingga sulit dipahami anak-anak. Padahal hingar-bingar pemberitaan di media bukan tidak mungkin akan tertangkap oleh pandangan anak, kemudian melayangkan pertanyaan pada orang tuanya tentang apa yang terjadi di Palestina.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Jika hal demikian terjadi, tak perlu dihindari. Orang tua dapat membuka percakapan dengan anak, agar paham bukan sekadar tahu. Agar orang tua dapat membantu secara berkelanjutan, bukan peduli sesaat. Demikian dikutip dari pernyataan Najelaa Shihab, pendidik sekaligus psikolog anak dan keluarga, dari akun Instagramnya, @NajelaaShihab, pada 11 Desember 2017.

Wanita yang juga Kepala Sekolah di Sekolah Cikal itu lantas menuliskan penjelasan sederhana yang dapat diberikan orang tua pada anak, di antaranya:

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

1. Yang terjadi di Palestina adalah perang melawan penjajahan. Penjajahan berkait dengan ketidakadilan, bukan hanya di masa kini, tetapi akan berakibat untuk masa depan. Palestina yang dalam peperangan, bukan hanya dalam bahaya secara fisik, tetapi juga secara sosial dan emosional. Korban konflik bukan hanya tentara, tetapi seringkali justru anak dan orang yang tidak terlibat langsung dan tanpa salah

2. Ajak anak membaca beberapa buku tentang penjajahan dan peperangan untuk mendiskusikan pentingnya kemerdekaan. Kemerdekaan adalah rahmat Tuhan bagi bangsa kita sejak 1945 yang belum bisa dinikmati rakyat Palestina

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

3. Untuk anak yang sudah lebih besar, perbandingan dengan perang dan penjajahan negara lain seperti Vietnam dan Afghanistan juga bisa menjadi perbandingan yang menarik.

 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya