5 Pantai Paling Berbahaya, Ada Buaya, Hiu hingga Pasir Isap

Ilustrasi pantai.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA – Pantai menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Berbagai hal bisa dilakukan mulai dari berjemur, snorkeling, diving, berenang atau menikmati deburan ombak dan jernihnya air laut.

Heboh Kota Ini Terancam Bangkrut Karena Destinasi Wisata Bugil

Belum lagi tidak adanya biaya tiket masuk membuat tempat ini jadi pilihan. Maka tidak heran jika kawasan pantai selalu dipenuhi oleh wisatawan saat hari libur. 

Namun, selain memiliki keindahan seperti surga, pantai ternyata bisa juga berbahaya untuk dikunjungi. Lalu pantai mana sajakah yang dimaksud?

Angkat Sport Tourism, Belitung Triathlon Challenge 2022 Sukses Digelar

Berikut ini pantai-pantai berbahaya karena memiliki ombak tinggi dan tidak terlindungi oleh terumbu karang, seperti dilansir dari Readers Digest.

1. Pantai Hanakapiai, Hawaii

Pantai Goa Cina, Tempat Penyegar Pikiran di Malang

Pendakian dua mil yang menakjubkan ke Pantai Hanakapiai di pulau Kauai membuktikan bahwa penampilan dapat menipu. Jika sampai di tempat ini mungkin terlihat seperti surga, bahwa air menahan arus yang sangat kuat.

Namun sayangnya dari data terbaru diketahui bahwa ada pengunjung yang meninggal akibat tidak berhati-hati dalam berenang. Menurut The Outdoor Project, arus di pantai ini sangat kuat karena daerah pesisir ini tidak dilindungi oleh terumbu.

2. Gansbaai, Afrika Selatan

Pantai ini terletak di hamparan lautan yang disebut Shark Alley. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sarang para hiu. 

Destinasi ini menjadi spot menyelam untuk melihat hiu. Para penyelam harus masuk dalam kandang hiu agar tidak diserang oleh hewan buas tersebut. 

3. Cape Tribulation, Australia

Tempat ini adalah rumah bagi para ubur-ubur. Oleh karenanya, Cape-Trib.com menyarankan Anda memakai pakaian anti sengatan saat ingin berenang di sini.

Tidak hanya itu, di sini juga lazim ditemukan buaya air asin. Penduduk setempat menyarankan pengunjung untuk tidak berenang di mulut sungai.

4. Playa Zipolite, Meksiko

Tempat ini dijuluki sebagai Pantai Kematian, hal ini tidak lain karena Playa Zipolite memiliki arus bawah laut yang kuat dan berpotensi fatal. Tapi jangan khawatir, seiring meningkatnya popularitas pantai, tim penjaga pantai khusus telah dibentuk. 

5. Morecambe Bay, Lancashire, Inggris

Dijelaskan oleh The Guardian sebagai ‘tempat berbahaya’. Morecambe Bay berbahaya karena semua rintangan aneh, seperti pasir isap, banjir, dan arus deras air sungai.

Penduduk setempat benar-benar menggunakan gerobak dan traktor yang ditarik kuda dengan trailer untuk menjelajahi daerah tersebut, agar mesin tenggelam ke dalam pasir isap tidak pernah terjadi lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya