Tak Sempat Beli Pesanan Oleh-oleh saat Traveling, Ini Solusinya

Cokelat bar jadi salah satu oleh-oleh di Kampung Coklat Blitar
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Ayu

VIVA – Pernah berkunjung ke satu daerah Indonesia dan mencicipi makanan lokal setempat, atau mungkin ada satu buah benda yang dulu sangat diincar tapi tak sempat terbeli? Rasanya pengalaman seperti ini pasti pernah dirasakan banyak orang. 

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bali yang Jangan Sampai Terlupakan, Awet dan Kekinian

Jangan menyesal dan mengubur impian. Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-73 RI, perusahaan e-commerce di Asia Tenggara dan Taiwan, Shopee, bekerja sama dengan empat kementerian, Bekraf, Kemenperin, Kemkominfo, dan KemenkopUKM, untuk menghadirkan koleksi spesial kemerdekaan yang mencakup 25 ribu produk lokal dari Sabang sampai Merauke. 

"Potensi para pelaku UMKM di Indonesia masih sangat besar untuk digali. Namun mereka memerlukan jalur pemasaran yang tidak mungkin mereka bisa usahakan sendiri," kata Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, dalam rilis Sabtu 18 Agustus 2018. 

Ramadhan di Singapura: Takjil Lezat dan Oleh-oleh Berlimpah, Ini Tempatnya!

Untuk itu, berikan dukungan pada pelaku UMKM Indonesia, selain bisa bernostalgia dengan produk yang diidamkan, pembeli juga bisa mendapat diskon hingga 73 persen dari 14 Agustus hingga 21 Agustus 2018 untuk produk yang ada di Kreasi Nusantara yang bisa diakses melalui Shopee. Berikut produk-produknya yang bisa dipilih berdasar pulau ataupun kategori. 

Sumatera

Pulang dari Jepang, Ria Ricis Berikan Langsung Oleh-oleh ke Teuku Ryan

Dari kain ulos, madu hutan Sumatera, kopi, keripik khas Lampung, sambal Lampung, hingga lupis pandan ada di sini. Harganya juga bervariasi, dari yang termurah Rp2.000 hingga ratusan ribu. 

Kalimantan

Berbagai aksesori asli Kalimantan seperti gelang dayak, gelang kayu gaharu, gelang giok, kalung batu, pouch manik, tas motif Dayak, minyak kayu Balitung, ikan super asin sepat kering khas Kalimantan, Gabin Keju Lido, kacang Jaruk Ibu Midah, dodol asli Kandangan, kue Rangai Maila, semua dijual dengan harga sangat terjangkau dari Rp10.000.

Jawa

Dari sambal bawang Bu Rudy, sambal pecel Madiun, manisan carica, roti matahari putih Pasuruan, sambel Jebred, bakpia pathok, krupuk Puli Rejeki, Madu Mongso, Roti Bluder Cokro, kain batik Pekalongan, baju surjan.

Sulawesi

Kopi Toraja, sutra bugis, tas rotan, songkok Bugis, kain tenun ikat etnik, minyak gosok cap beruang, hingga kacang iput khas Makassar.

Papua

Dari sarang semut Papua yang terkenal, dendeng asin, sari buah merah Papua Wamena, hingga tas noken khas Papua bisa dicari di sini dengan harga sangat terjangkau dan bebas biaya kirim. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya