Saat Lelah Beribadah, Jemaah Haji Bisa Istirahat di Dalam Kapsul

Kapsul Haji
Sumber :
  • Arab News

VIVA – Menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah, merupakan bagian dari ibadah yang wajib dilaksanakan umat muslim jika mampu.

Menag Dorong Layanan Haji Ramah Lansia hingga Umrah Backpacker

Setiap tahunnya, jumlah muslim yang menunaikan ibadah ini terus meningkat. Namun, dengan jumlah jemaah yang begitu banyak, masih sulit bagi jemaah mencari tempat istirahat.

Nah, maka dari itu sejumlah ruang dimanfaatkan sebagai tempat istirahat para jemaah. Kini sebuah hotel kapsul yang terkenal di Jepang sedang diuji coba untuk ditempatkan di sana. Kerajaan Arab Saudi sedang menguji kamar kapsul itu di kota barat Mina karena banyaknya peziarah yang berkumpul untuk menunaikan ibadah haji enam hari.

7 Amalan di Bulan Ramadhan dengan Pahala Setara Haji

Dilansir laman Arab News, mereka yang mencari tempat istirahat dari perjalanan berat dan ritual dapat menggunakan salah satu dari 24 buah hotel kapsul yang tersedia secara gratis.

Kapsul tempat istirahat didesain sedemikian rupa, tiap ruang terbuat dari fiberglass dengan panjang kurang dari tiga meter dan di dalamnya ditempatkan kasur, seprei bersih, AC dan cermin yang menyala di dinding.

Keinginan Habib Hasan Bin Jafar Assegaf Sebelum Wafat, Berencana Naik Haji Lagi Tahun Ini

Semua diciptakan, untuk memberikan kenyamaan untuk para jemaah juga wisatawan yang datang.

Mansour al-Amer, kepala badan amal yang menawarkan kapsul ini, Haji dan Mutamer Gift Charitable Association mengatakan itu semua untuk kenyamanan wisatawan.

"Kami selalu memikirkan para peziarah dan bagaimana membuat mereka lebih nyaman selama ritual haji. Ide ini sudah ada secara global, di Jepang misalnya, dan di beberapa kota di seluruh dunia," kata Kepala Badan Amal yang menawarkan kapsul ini, Mansour al-Amer.

"Kami percaya itu sangat cocok untuk tempat-tempat keramaian di tempat-tempat suci kami dan di Mekah."

Penyelenggara hotel kapsul ini, yang diimpor dari Jepang, menginginkan mereka yang tidak mampu membeli hotel untuk dapat beristirahat saat bepergian.

Setiap orang akan diberikan akses beristirahat di kapsul ini selama tiga jam dan kemudian diminta untuk menyerahkannya kepada orang berikutnya. Jika sudah digunakan, kapsul akan disterilkan untuk dibersihkan sebelum penghuni berikutnya menggunakan fasilitas itu. Kapsul ini pun nantinya akan disewakan dengan tarif per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya