7 Tips Mudah Mengemasi Barang saat Bepergian

travelling
Sumber :
  • intoday

VIVA – Menyiapkan barang-barang yang akan dibawa saat bepergian menjadi hal menyenangkan untuk dilakukan. Dan tugas tersebut akan lebih menyenangkan jika dengan cara membuat daftar yang harus dibawa jauh-jauh hari.

Ternyata, Liburan Bisa Jadi Bahasa Cinta Baru Para Milenial dan Gen Z

Selain membantu memastikan semua hal yang penting terbawa, juga membuat lebih hemat tempat, karena tak membawa barang tidak perlu. Dilansir Eagle Creek, Senin 2 September 2018, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk berkemas.

Memilih koper utama

Hal yang Harus Siapkan Sebelum Liburan, Ketahui Sumber Penyebaran Penyakit di Tempat Wisata

Kapan pun merencanakan pergi, pilih koper atau tas yang ringan dan cukup besar untuk menampung semua keperluan. Hal terpenting adalah memutuskan membeli tas dengan garansi luar biasa. 

Susun barang-barang

Ini Pentingnya Memilih Stroller yang Tepat untuk Si Kecil

Jika punya banyak jenis kegiatan berbeda yang direncanakan, artinya ada banyak perlengkapan yang perlu dibawa. Menjaga semuanya tersusun adalah sebuah tantangan. Satu hal terbaik yang bisa dilakukan adalah memastikan untuk menggunakan packing organizer. 

Dengan menggunakan packing organizer akan membantu mempermudah menemukan barang-barang. Tapi untuk pakaian, bisa disusun dan ditekan sehingga bisa pas dalam tas. 

Dan manfaatkan lemari atau laci hotel untuk menyimpan pakaian agar tak perlu mengemas dan membuka barang bawaan. Lebih praktis. 

Berikut ini daftar pakaian yang harus dibawa:

Pakaian ringan yang bisa ditumpuk; kaus lengan panjang, sweater, kaus dan tank top (tergantung lokasi), celana dan atau celana pendek, ikat pinggang, kaus kaki, sepatu yang nyaman untuk jalan.

Jangan lupakan juga jaket hujan atau payung, baju tidur, pakaian dalam, kacamata, gaun atau rok, perhiasan, topi, scarf, baju renang, ponsel dan charger, speaker perjalanan, bantal perjalanan dan penutup mata, adapter, aplikasi perjalanan. 

Tas kebutuhan mandi

Ingat selalu pesan 3-1-1, cairan, gel, aerosol, krim, pasta harus hanya 100 mililiter atau kurang per kontainer dan harus dalam kemasan kantung plastik bertutup. Selain itu, barang-barang yang harus dibawa antara lain, sikat dan pasta gigi, sisir rambut, ikat rambut, deodoran, sampo dan kondisioner, tabir surya, losion malam hari, pencuci muka, produk kewanitaan, lip balm, kacamata. 

Barang lain yang mungkin diperlukan adalah parfum, kaca mini, produk rambut seperti gel rambut, detergen, alat cukur, tisu muka, peralatan jahit, gunting dan alat potong kuku. 

Kesehatan 

Vaksinasi sebenarnya diperlukan dua bulan sebelum bepergian. Tapi jika tidak, jangan lupa membawa perlengkapan kesehatan seperti, salinan resep, pertolongan pertama, termometer, pereda nyeri, obat flu dan pereda tenggorokan, diare, obat alergi, multivitamin, tetes mata, obat anti nyamuk. 

Siapkan barang pribadi dalam tas carry on

Hal selanjutnya adalah menyiapkan barang dalam tas yang dibawa ke mana-mana. Ingat keberadaan tas ini penting, jaga-jaga siapa tahu koper atau tas yang disimpan di bagasi hilang. Jadi pastikan menyelipkan dua baju di dalam tas ini. 

Lebih direkomendasikan untuk membawa tas backpack kecil, dengan barang-barang berikut charger dan ponsel, laptop, iPad, headphone, kamera, adapter. Bantal perjalanan, selimut, tutup mata, buku, kartu permainan, botol air, buku petunjuk perjalanan. 

Kumpulkan barang-barang penting

Mulailah dengan mengumpulkan barang-barang dan dokumen penting dalam satu wadah. Kartu kredit, paspor, ID, koin, boarding pass dan pena. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya