Menambah Pertemanan Lewat Pawai Mikoshi di Jak-Japan Matsuri 2018

Mikoshi yaitu arak-arakan kuil portable
Sumber :
  • VIVA/ Maria Margaretha Delviera

VIVA – Jak-Japan Matsuri kembali diadakan tahun ini pada 8-9 September 2018. Tidak hanya pawai budaya Jepang, tahun ini ada juga musik festival yang menampilkan grup musik terkenal Jepang, AKB48 dan JKT48.

Gibran Pakai Atribut Anime, Ini Ciri-ciri Kamu Seorang Wibu

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jak-Japan Matsuri 2018 dimeriahkan dengan Mikoshi yaitu arak-arakan kuil portable yang selalu diadakan setiap festival musim panas di Jepang.

“Yang paling besar itu khusus dibawa laki-laki, yang paling kecil bisa dibawa anak kecil atau enggak dibawa wanita, yang ukuran sedang bisa dibawa sama cewek atau pria tapi yang paling besar khusus pria. Minimal 40 orang yang pikul,” ujar Imelda salah satu pembawa arak-arakan kuil.

Mengintip Keseruan Festival Budaya Jepang, Ada Fourtwnty Hingga Nidji

Agar tidak pingsan, terdapat petugas khusus yang mengibaskan kipas saat arak-arakan berlangsung. “Iya ngebantu buat yang ngangkat karena kan enggak ada udara. Kipas atas ke bawah enggak boleh ke samping. Ada yang pakai baju putih itu buat buka jalan. Orang yang di depan kuil buat aba-aba,” ungkap Imelda.

Imelda sendiri merupakan seorang mahasiswi Trisakti yang sudah bergabung dengan komunitas Mikoshiren Jakarta sejak 2016. Ketertarikannya terhadap kebudayaan Jepang membawanya pada pertemanan yang luas.

Mengenal Oiran, Pekerja Seks Berpangkat Tinggi di Jepang dan Perbedaannya dengan Geisha

“Jadi bisa kenal sama orang Jepang asli, buat hubungan kerja juga jadi semakin luas. Lihat peluang kalau bisa ke Jepang why not,” tuturnya.

Selain Mikoshi, Jak-Japan Matsuri 2018 juga diwarnai dengan banyak pengunjung yang hadir menggunakan cosplay berbagai karakter anime populer Jepang.

Ilustrasi malas

Ajaran Jepang untuk Singkirkan Rasa Malas, Bikin Anda Lebih Produktif

Seperti diketahui rasa malas adalah perasaan umum yang dialami semua orang dari waktu ke waktu. Ini ditandai dengan kurangnya motivasi, energi, dan keinginan lakukan hal.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2024