Serukan Kampanye Budaya Beberes Setelah Makan, KFC Diprotes Warganet

Kampanye Budaya Beberes Setelah Makan milik KFC.
Sumber :
  • Facebook KFC

VIVA – Bagi sebagian masyarakat Indonesia mungkin belum terbiasa dengan budaya beres-beres setelah makan. Padahal jika kita berkunjung ke beberapa restoran cepat saji di luar negeri, tak usah jauh-jauh, bahkan di Singapura, Malaysia, Jepang dan Korea Selatan pun masyarakatnya telah menerapkan budaya ini.

3 Tahun Lalu Kerja Sampingan di KFC, Sekarang Jadi Pemain Serie A

Sedangkan di Indonesia, anggapan pembeli adalah raja mungkin masih tertanam di benak masyarakat, sehingga masih banyak yang mengandalkan para petugas restoran untuk membersihkan meja dan sisa makanan mereka. Namun, belum lama ini sebuah restoran cepat saji asal Amerika Serikat, Kentucky Fried Chicken (KFC) mengampanyekan budaya beberes (beres-beres) setelah makan.  

Kampanye ini sendiri mulai menggema di akun Facebookresmi  KFC Indonesia. Mereka mengunggah sebuah foto seseorang tengah membuang dua gelas karton dan dua bungkus makanan kosong ke dalam tempat sampah.

Rampok Bersenpi Beraksi di KFC PIK, Uang Rp400 Juta Raib

Sejak kecil, kita udah diajarin sebenernya untuk selalu beberes setelah makan. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, budaya ini sudah mulai jarang. Kita lestarikan lagi budaya beberes, yuk! Dari sekarang, kita mulai budaya beberes setelah makan!” demikian tertulis di keterangan foto.

Sontak saja unggahan itu pun langsung direspons oleh warganet. Hingga Kamis ini, 17 Januari 2019, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 1.900 kali dan telah menarik lebih dari 1.500 komentar pengguna,

Viral Sekelompok Remaja Makan di KFC Bawa Nasi Sendiri

Ternyata banyak dari warganet yang pro dan kontra terhadap unggahan dari pihak restoran tersebut.

"Warteg aja yg 10 ribu dapet komplit ga perlu ngembaliin piring ke ibunya ????, masa di kfc beres2," kata warganet.

"KFC cuma mau enaknya aja.. Kalo beresin sendiri, mending makan di rmh," ujar yang lain.

"pELanGGan aDALah KaiSAr SulTan PraBu. KAn UdAH aDa BAbuNYa, bUaT aPa DiGaJi KaLo giTu!1!!!," ucap yang lainnya.

"Gw sih simple aja... Kalo semisal harganya bisa semurah warung2 tradisional okelah kita beberes sendiri gpp... Itung2 itu imbalan karena telah menyediakan makanan yg lebih enak daripada warung tradisional... Lah ini, harga 2-3x lipat dari warung tradisional, tapi pelayanan ga sebaik warung tradisional, suruh beberes sendiri... Pfft," tulis yang lain.

Meski banyak yang terlihat kesal dengan kampanye itu. Tidak sedikit juga dari warganet yang setuju dan mendukung kampanye tersebut.

"Terima kasih KFC untuk mengingatkan kembali. Karena budaya beberes setelah makan walaupun sudah berlaku di IKEA cafe dan beberapa foodcourt di Indonesia dengan cara menaruh signboard or tentcard ternyata masih banyak pemalas dengan meninggalkan meja bekas makan joroknya luar biasa (kebayang rumahnya pasti jorok bgt). Dan tidak heran kalau di Jepang dan negara-negara lain tourist Indonesia dicap sebagai tourist paling jorok," kata warganet.

"Kalau di luar negri makan di kfc harus beresin semua bekas makan sendiri taruh nampan ditempatnya.. kalau disini malah diliatin org kalau berbuat spt itu," tulis yang lain.

"Apa sulitnya tinggal beresin punya sndr. Min ikut tanggung jawab ma apa yg dah Qt lakuin. Walaupn dah bayar termasuk servicenya, itung2 numbuhin habit n ibadah. Mau itu di restoran mewah or kaki lima," ucap yang lain.

"Sebenernya udah tau kebiasaan ini sejak lama sih. Pertama kali tau waktu di Bali. Makan di salah satu restoran fast food di Kuta, banyak bule kan ya tuh. Aku perhatiin mereka satu2, setelah selesai makan, mereka langsung buang sampah dan taruh nampan di atas trash. Pokoknya mereka keluar resto, meja mereka jg ikutan bersih. Spechless dan takjub. Akhirnya ikut2an, selesai makan langsung kubawa nampan dan sampahku ke trash (selain itu juga karena malu, soalnya di sekitarku nggak ada yg ninggalin nampan mereka di tempat duduk)," kata salah satu warganet bercerita.

Tetapi tidak sedikit juga dari mereka yang meminta kejelasan dari pihak restoran. Terutama soal tanda di mana mereka harus membuang sampah dan menaruh kembali nampan yang mereka pakai untuk mendukung gerakan ini.

"Tempat letakin sampah sama nampannya tolong diperjelas kalau gitu, kemaren ni niat mau ngebersihin meja tapi tempat sampahnya ga keliatan :/," ucap warganet memberi saran.

"Tolong dikasih info jelas dimana tempat membuang bekas makanan kita..karena kadang di bbrp outlet gak ada sign nya. Dngn beberes begini kita jg jd saling respek dngn kenyamanan pelanggan lain yg jg sama2 konsumen KFC," tulis yang lain. (nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya