Punya Banyak Anak, Begini Cara Enno Lerian Siapkan Liburan Seru

Enno Lerian dan tiga buah hatinya
Sumber :
  • Instagram Enno Lerian

VIVA – Bagi orangtua yang memiliki banyak anak, berlibur atau traveling bisa menjadi aktivitas yang paling merepotkan. Tak hanya banyaknya barang yang harus dipersiapkan, tapi juga banyak drama yang harus dihadapi.

Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Meski begitu, semua itu pasti akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan. Seperti itulah pengalaman yang didapat Enno Lerian, mantan penyanyi cilik yang kini sudah memiliki lima orang anak saat merencanakan liburan pertama mereka.

Ketika si bungsu sudah masuk usia satu tahun, Enno dan suami baru berani membuat rencana liburan bersama kelima anaknya. Tujuan yang dipilih pun tak terlalu jauh, yakni Bali.

Tak Tahu Lagi Siapa Ayah Anak-anaknya, Ibu Ini Hamil yang ke-20 Kali

Tanpa bantuan pengasuh, Enno dan suami mengurus semua kebutuhan anak-anak di masa liburan mereka. Tentu sudah terbayang bagaimana kerepotan yang mereka hadapi.

"Tapi seru. Saya harus tetap berusaha membuat anak tetap senang, enggak merasa capek. Bagaimana pun mereka harus bisa merasakan tujuan liburan ini adalah bersenang-senang. Jadi saya harus selalu jaga mood anak-anak happy," ujarnya saat acara konferensi pers HiLO Drawing Competition di Hotel Aloft, Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

Hamil Lagi, Wanita Ini Miliki 19 Anak dari Suami yang Berbeda-beda

Meski capek, tapi Enno senang ada pengalaman seru yang bisa mereka bawa pulang. Tak hanya itu, ia juga mendapatkan banyak manfaat positif dari liburan bersama anak-anak.

Yang paling utama dirasakannya adalah bonding antara anak dan orangtua. Dari traveling bersama anak-anak, ia jadi belajar memahami anak-anaknya, begitu pun sebaliknya.

Dari aktivitas liburan itu, Enno melihat anak-anaknya bisa belajar lebih mandiri. Contohnya, menyiapkan dan memakai baju sendiri dan makan sendiri.

Meski demikian, berlibur bersama anak-anak butuh persiapan dan perencanaan yang berbeda ketika orangtua berlibur sendiri. Enno memberi tips, orangtua yang ingin mengajak anak-anak berlibur sebaiknya jangan memasang ekspektasi yang terlalu tinggi.

"Kita tidak bisa memaksakan kehendak, harus bisa mengikuti mood mereka," ujar Enno.

Pahami juga pola kebutuhan biologis anak, seperti kapan saja jam tidur dan makannya. Yang paling penting, jangan biarkan ada waktu di mana anak-anak merasa lapar. Jadi, usahakan perut anak dalam keadaan terisi sepanjang hari.

Karenanya, mempersiapkan makanan dan camilan bernutrisi sangat penting dilakukan. Apalagi saat liburan, aktivitas akan padat dari pagi hingga malam hari.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya