Belitung dan Bromo Banyak Dicari Wisatawan Pengguna Internet

Kawasan Pariwisata Belitung
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA – Traveling kini sudah menjadi bagian dari lifestyle yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian masyarakat urban. Dan tidak bisa dipungkiri, dalam mencari informasi platform daring menjadi salah satu faktor pertimbangan mereka, terlepas dari faktor rekomendasi tentu saja. 

Dampak Kebakaran, Sebagian Wisata Gunung Bromo Ditutup

"Oleh karena itu, kami menyajikan Insight yang disusun dengan tujuan untuk memetakan arus data yang beredar terkait isu-isu strategis yang berhubungan dengan traveling selama kurun waktu satu bulan," kata Mirdha Arina, Business Analyst team, PT Kazee Digital Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 27 Juni 2019. 

Data-data yang disajikan disusun berdasarkan hasil pengolahan big data yang dikurasi secara komprehensif mengikuti dinamika isu terkait tourism sepanjang 2019.

Promosikan Wisata Belitung, Tour of Kemala akan Digelar

Sumber data dihimpun dalam sebuah sistem Kazee dari berbagai platform media online dengan persentase sumber lokal 3394 data, sumber nasional 669 data dan sumber internasional 693 data.

Total data terkait tourism dengan kata kunci wisata atau pariwisata selama Mei 2019 tersaring sebanyak 88.490 data dengan rincian portal berita 29.670 data, Twitter sebanyak 55.300 data, Facebook  sebanyak 1.140 data, YouTube  sebanyak 2.180 data, dan Instagram 205 data. 

Sandiaga Uno Dorong Kebangkitan Ekonomi Belitung Lewat Sport Tourism

Data tersaji menjadi beberapa bagian yaitu, wisata populer di Indonesia berdasarkan daerah, tempat wisata populer berdasarkan objek wisata, wisata unik berdasarkan jenis, situs online booking terpopuler, trend traveling terkini, keyword populer, tagar populer, serta alasan orang traveling secara mendadak dan terencana.

Menariknya, dari data tersebut diketahui bahwa Belitung menjadi daerah wisata terpopuler yang paling banyak dicari masyarakat pengguna internet. Sebanyak 41,4 persen warganet mencari kata Belitung sebagai daerah tujuan wisata, disusul Bali sebanyak 34,4 persen, Yogyakarta dengan 19,4 persen, posisi empat pencarian adalah Jakarta sebanyak 2,7 persen, Papua sebanyak 1,5 persen dan Sulawesi sebanyak 0,6 persen. 

"Belitung memiliki objek wisata pantai yang dihiasi batu- batu karang yang cantik. Pantai Belitung semakin populer ketika menjadi latar tempat film Laskar Pelangi pada 2008. Pantai Belitung terdiri dari gugusan pantai dan pulau. Wisata bahari dengan pasir pantai yang eksotis menjadi tujuan para wisatawan yang ingin mencari suasana baru ketika berlibur," kata dia menjelaskan alasan Belitung menduduki posisi tertinggi pencarian daerah wisata di Indonesia. 

Sedangkan jika bicara tentang tempat wisata, Pantai Belitung sendiri justru ada di posisi keenam dengan persentase pencarian 0,9 persen. Masyarakat ternyata lebih banyak mencari Gunung Bromo.

Tempat yang belakangan ini semakin populer karena fenomena bunga es ini banyak dicari sekitar 45,8 persen masyarakat. Kemudian disusul Lawang Sewu yang ada di Semarang dengan persentase 38,1 persen, Candi Borobudur sebanyak 17,0 persen. Adapun di posisi kelima ditempati Pulau Dewata, sebanyak 9,5 persen, berada tepat di bawah Labuan Bajo dengan pencarian sebanyak 16,1 persen. 

Tak heran jika Bromo banyak dicari, karena Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terletak di Jawa Timur ini menawarkan keindahan gunung juga hutan yang menakjubkan. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan taman, mendaki gunung, atau sekadar berfoto naik kuda di kaki gunung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya