Liburan Akhir Tahun, Intip Rekomendasi Destinasi Surga di Indonesia

Pulau Lengkuas Belitung
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Momen akhir tahun, sering dimanfaatkan banyak orang untuk berlibur. Destinasi yang bisa menenangkan dan bahkan penuh petualang, seringkali jadi pilihan tujuan berlibur. Meski belakangan beberapa destinasi luar negeri jadi favorit, tapi, masih banyak juga yang tertarik untuk berlibur menjelajah tempat-tempat indah di Indonesia.

Status Gunung Ibu di Maluku Utara Naik Jadi Siaga Level III

Namun, karena banyaknya tempat indah yang bisa dikunjungi di Indonesia, namun sulit dijangkau, banyak yang merasa bingung menentukan pilihan. Nah, buat kamu yang ingin menjelajah Indonesia, mungkin bisa mengunjungi beberapa destinasi rekomendasi berikut yang dilansir VIVA dari laman The Culture Trip.

Pulau Lengkuas, Bangka Belitung

Strategi Pemerintah Macao Targetkan Kunjungan Turis Asal Indonesia

Sebagai daya tarik wisata baru, Pulau Lengkuas ini masih memiliki pantai-pantai perawan yang dihias dengan pasir putih halus dan batu granit yang megah. Pantai ini juga menjadi rumah bagi mercusuar yang menjulang tinggi yang dibangun selama era kolonial Belanda. Anda bisa menaiki menara ini untuk dapat menikmati pemandangan 360 derajat dari seluruh pulau dan samudra biru di sekitarnya.

Kawah Ijen, Banyuwangi

SKYEGASM Senses Experience: Sensasi Kulineran Padukan Rasa, Aroma, Sentuhan dan Pandangan

Ijen adalah gunung berapi aktif (meskipun tenang) di Jawa Timur, dan Kawah Ijen adalah danau belerang berwarna biru kehijauan di dekat puncak. Kemurnian mineral dan dinding gunung berapi sekitarnya memberikan pemandangan yang surealis, terutama pada malam hari, ketika gas sulfur muncul sebagai apa yang dikenal sebagai "api biru" yang menerangi langit.

Labuan Cermin

Danau yang terletak di Kalimantan Timur ini memiliki air jernih seperti kaca; begitu jelas, sehingga Anda dapat melihat bayangan kapal Anda di dasar danau. Wisatawan juga dapat berenang dengan ratusan ikan tropis dan snorkel untuk menikmati keindahan karang air tawar.

Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan bisa dibilang salah satu yang terindah bahkan memiliki sebuah pulau di dalamnya. Menjadi danau vulkanik, Toba dikelilingi oleh pegunungan yang indah dan tanaman hijau yang subur, menambah keindahan pada air biru yang cemerlang.

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini menyimpan keindahannya bagi wisatawan yang paling suka bertualang. Di puncaknya, Gunung Rinjani memiliki kawah yang menakjubkan berwarna biru seperti laut. Kaldera dibentuk oleh letusan, dan dianggap sakral oleh penduduk setempat, begitu banyak ritual keagamaan dilakukan di sana.

Tana Toraja

Rumah bagi suku asli Toraja yang hidup dalam cara tradisional, Tana Toraja di Sulawesi Selatan menawarkan sekilas ke tradisi dan praktik kuno orang-orang ini, termasuk tradisi terkenalnya yakni mayat berjalan. Latar belakang gunung yang megah dan rumah-rumah tradisional khas suku yang mengesankan.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman nasional di Kalimantan Tengah (Kalimantan) ini termasuk lahan kering, hutan, rawa, bakau, dan hutan pantai pantai, dan merupakan rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk Orangutan yang dilindungi. Ini bisa dibilang tempat terbaik di Indonesia untuk mengamati primata dan satwa liar, atau hanya menikmati suasana tropis di negara yang paling alami.

Kepulauan Togean

Terletak di Provinsi Gorontalo yang jarang dikunjungi, Kepulauan Togean menyajikan spesies dan pemandangan eksotis yang paling murni. Terumbu karang, ikan, kura-kura, hiu dan kepiting kelapa yang besar adalah salah satu hewan tropis yang dapat ditemui wisatawan di sini. Di darat, pesona pulau dengan vegetasi yang subur, resor yang menarik dan dermaga yang menakjubkan. Penduduk pribumi pulau ini dikenal sebagai Bajo, atau gipsi laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya