Mengulik Cikini, Sejarah Indonesia yang Tersembunyi di Jakarta

Kantor Pos Indonesia, Cikini
Kantor Pos Indonesia, Cikini
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus

VIVA – Cikini yang dikenal sebagai kawasan elit di masa lalu, ternyata menyimpan sejarah yang jarang diketahui banyak orang. Sejumlah bangunan dan kisah-kisah di baliknya menyimpan sejarah tersembunyi dari zaman pemerintahan Hindia Belanda hingga saat ini.

Kebanyakan orang yang berwisata ke kawasan Cikini hanya mengunjungi Taman Ismail Marzuki (TIM). Namun, ada beberapa tempat di kawasan tersebut yang menyimpan sejarah kental dalam perkembangan bangsa Indonesia.

Sejarah Kantor Pos Cikini

Kantor Pos Indonesia, Cikini

Kantor Pos Indonesia, Cikini

Photo :
  • VIVA/Willibrodus

Salah satunya adalah Kantor Pos Cikini yang telah berdiri sejak tahun 1920 dan merupakan Kantor Pos pertama di Indonesia yang beroperasi 24 jam penuh. Kantor yang dahulu dikenal dengan nama Tjikini Post Kantoor itu dibangun untuk melayani pengiriman berbagai surat dan barang.

Sebelumnya, Kantor Pos berdiri pada tahun 1746 di Batavia yang sekarang menjadi Jakarta. Kantor Pos didirikan pemerintah zaman itu untuk menjamin agar surat-surat penduduk, terutama pedagang, yang datang dari luar Pulau Jawa dan kerap berpergian keluar dan masuk Belanda tetap aman.

Kantor Pos Cikini saat ini hadir melayani masyarakat selama 24 jam. Layanan ini mulai beroperasi sejak 2014 dan menjadi kantor pos pertama di Indonesia yang melayani masyarakat selama 24 jam. Layanan ini kemudian mendapat respons positif, baik dari pelanggan perorangan maupun dari pihak perusahaan.