12 Tempat Wisata di Garut yang Memukau Karena Julukan Swiss van Java

Suasana lokasi wisata Situ Bagendit di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa, 26 Maret 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Tempat wisata di Garut menawarkan panorama alam yang sangat indah, asri, dan tentu saja tidak kalah dengan berbagai wisata yang ada di daerah lain. Garut sendiri adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat yang dikenal dengan makanan khasnya yaitu dodol.

KPAI Turun Tangan Bantu Anak Korban Curas Berdarah di Garut

Tapi, Garut juga mempunyai potensi yang sangat luar biasa indahnya. Menariknya, Garut juga memiliki julukan sebagai Swiss van Java. Kabupaten Garut sebagian besar wilayahnya berada di daerah pegunungan. 

Dengan adanya fakta tersebut, banyak tempat wisata di Garut yang menawarkan keindahan ala pegunungan sehingga akan membuat para wisatawan lebih betah di sana lantaran mempunyai hawa yang sejuk.

Olga Pura-pura Meninggal Agar Lolos dari Maut

Garut bukan hanya dikenal dengan wisata air terjun atau curugnya yang indah, tapi pantainya juga tidak kalah memukau dan memesona setiap pengunjung yang datang ke sini.

Selain itu, kota ini juga mempunyai destinasi wisata yang berbentuk edukasi atau sejarah sehingga tidak boleh dilewatkan. Nah, berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata di Garut yang disadur dari berbagai sumber:

Sadis! Ibu Rumah Tangga di Garut Tewas Dibunuh, Anak Korban Luka Berat dan Motornya Dicuri

Lalu, Apa Saja Tempat Wisata di Garut?

1. Kawah Papandayan

Danau Kawah Papandayan

Photo :
  • Ina - bodoamataceae.wordpress.com

Dulu, salah satu gunung berapi di Jawa Barat ini hanya dapat didaki oleh pecinta alam. Namun kini, gunung dan kawahnya telah menjadi wisata komersial yang bisa dikunjungi siapa saja.

Kawah Papandayan memiliki pemandangan alam yang mempesona untuk para pengunjung. Ada juga sebuah danau di mana kamu bisa berenang.

Tak hanya itu, para ibu juga bisa mencoba aktivitas lain, seperti hiking, camping, dan bersepeda gunung. Bertempat di Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut, mengunjungi tempat wisata di Garut ini akan menjadi acara akhir pekan yang spesial.

2. Situ Bagendit

Situ Bagendit.

Photo :
  • http://www.sobatadventure.com

Tempat wisata di Garut ini berada di kecamatan Banyuresmi dan cocok dikunjungi saat berlibur bersama keluarga. Juga sangat dekat dengan terminal Garut karena hanya 4-5 kilometer. Udara di situ atau danau ini sejuk dan tetap aman dikunjungi oleh semua orang.

Ada berbagai fasilitas yang bisa dicoba di destinasi wisata ini. Misalnya, kamu bisa naik rakit dan perahu bebek di sekitar danau. Ada juga berbagai permainan seperti kereta kecil di tepi danau, serta cosplay boneka kartun yang dapat diajak untuk berswafoto.

3. Talaga Bodas

Talaga Bodas.

Photo :
  • http://www.getlost2explore.com/

Untuk kamu yang menginginkan berendam di air dan menikmati pemandangan alam yang indah, tempat wisata di Garut ini bisa menjadi pilihan. Rasanya seperti mandi dan bermain di tengah kawah yang masih aktif Talaga Bodas, tapi jangan khawatir karena destinasi wisata ini masih aman untuk dikunjungi.

Selain bermain air, kamu juga bisa melihat gunung dan perbukitan, pepohonan yang menjulang tinggi, serta danau yang jernih, sehingga sangat cocok untuk hiking skala kecil atau berfoto. Kamu bisa langsung ke Caringin di kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut.

4. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang.

Photo :
  • U-Report

Terletak di kecamatan Samarang, tempat wisata di Garut ini adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di jalur wisata Garut yang menakjubkan. Selain memberikan panorama alam yang indah, kulit juga akan lebih sehat karena terkena uap dari kawah. Selain untuk kulit, uap juga baik untuk melancarkan peredaran darah dan pernapasan.

Ada juga pusat perlindungan elang tidak jauh dari tempat wisata ini. Kamu akan mendapatkan wisata edukasi dan informasi lengkap tentang elang di sana. Tempat ini buka pada pukul 09.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Akan lebih asyik lagi apabila kamu berkujung ke tempat wisata di Garut ini bersama keluarga.

5. Papandayan Leisure Park

Papandayan Leisure Park

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ini adalah salah satu tempat wisata di Garut dengan keindahan alamnya sendiri. Kamu dapat mengajak keluarga untuk bermain, atau sekedar berfoto dengan latar belakang pemandangan alam dan pegunungan yang sangat indah dan memukau.

Selain itu, kawasan ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin piknik. Karena lokasi ini mempunyai padang rumput yang sangat hijau, tentunya menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau pasangan.

6. Darajat Pass Water Park

Darajat Pass Water Park

Photo :
  • Tangkapan Layar

Darajat Pas Water Park merupakan salah satu tempat wisata air, fasilitas hiburan airnya sangat lengkap, dan jenisnya cukup banyak. Harga tiketnya juga yang cukup terjangkau sehingga menjadi salah satu keuntungan yang bisa didapatkan saat berlibur di sini.

Selain fasilitas bermain air yang lengkap, kamu juga akan menikmati pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan. Pemandangan hijau, deretan persawahan dan kebun sayur akan memanjakan mata kamu sebelum sampai di lokasi.

7. Sabda Alam Waterpark

Sabda Alam Waterpark

Photo :
  • Tangkapan Layar

Buat yang mau ajak anak main air, Sabda Alam Waterpark bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Garut. Lokasinya strategis, tarifnya cukup terjangkau, banyak orang yang kerap menghabiskan akhir pekannya di temapat ini.

Ada banyak fasilitas hiburan, mulai dari kolam ombak, mandi busa, banyak seluncuran dan ember tumpah. Kamu bisa langsung mengajak Si Kecil dan keluarga ke tempat wisata yang berada di Rancepato, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

8. Leuwi Paranje

Leuwi Paranje

Photo :
  • Tangkapan Layar

Tempat wisata di Garut selanjutnya adalah Leuwi Paranje. Kamu bisa mengajak pasangan untuk bermain river tubing untuk menguji adrenalin. Selain itu, kamu juga akan melihat pemandangan alam yang sangat menakjubkan saat mengunjungi kawasan wisata tersebut.

Dengan suasana alam yang masih sangat alami dan khas pedesaan, akan ada spot-spot instagramable yang menarik sebagai background foto. Ditambah lagi dengan persawahan dan perbukitan yang tak berujung, menjadi tempat yang akanmemanjakan mata.

9. Pantai Taman Manalusu

Pantai Manalusu Garut

Photo :
  • http://garutdis.blogspot.com

Pantai ini berada di Kecamatan Cilekelet, Kabupaten Garut. Banyak tempat wisata menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto. Tidak hanya bisa berenang, kamu juga bisa mengajak buah hati untuk menyelam, snorkeling, dan olahraga pantai lainnya.

Jangan khawatir, walau Pantai Selatan terkenal dengan ombaknya yang besar, tapi berbeda dengan pantai ini karena tidak terlalu besar. Sehingga kamu dan keluarga masih bisa beraktivitas dengan aman. Lumbung hijau dan hamparan pasir yang berwarna hitam membuat siapa pun betah berlama-lama di tempat ini.

10. Puncak Guha

Puncak Guha.

Photo :
  • U-Report

Tidak hanya bisa melihat pantai Samudera Hindia dan laut, Puncak Guha juga bisa melihat gua-gua tempat tinggal sejumlah besar kelelawar dan menjadi sarang alami mereka. Inilah yang menjadi daya tarik objek wisata Garut yang terletak di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang.

Salah satu tempat wisata di Garut ini, kamu bisa bersantai atau hang out bersama teman atau keluarga. Atau, kamu juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di sore hari sambil makan.

11. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya.

Photo :
  • U-Report

Kamu juga bisa memilih pantai ini sambil mencari lokasi untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam sambil menikmati suasana pantai yang asri, segar, dan tenang. Pantai ini terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Kalingin, Kabupaten Garut.

Tempat wisata di Garut ini mempunyai bebatuan karang yang sangat bagus dan indah, spot yang satu ini dapat dijadikan sebagai salah satu objek foto yang ikonik. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan sunset dan hembusan angin pantai yang sejuk bersama keluarga atau pasangan. 

12. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang, Garut, Jawa Barat.

Photo :
  • VIVA/ Diki Hidayat.

Tempat wisata di Garut berikutnya adalah pantai Sayang Heulang. Selain menjadi wisata alam, pantai termasuk ke dalam salah satu tempat wisata budaya dan religi. Lokasinya sendiri berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Daya tarik dari pantai ini adalah pasirnya yang putih, hamparan karang, sampai padang pasir yang indah. 

Di pantai ini, kamu bisa menikmati keindahan pantai, voli pantai, sepak bola snorkeling sampai berkemah di pantai. Dengan keindahan tersebut, pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan mengambil foto latar cantik dan instagramable.

Fasilitas di tempat ini juga cukup lengkap, mulai dari tempat parkir, toilet, rumah makan, sampai penginapan.

Aceng Fikri dan calon wakilnya Dudi Darmawan mendaftar Bupati dan wakil Bupati Garut

Aceng Fikri Maju Lagi di Pilkada Garut, Lewat Jalur Independen

Mantan Bupati Garut periode 2009-2013, Aceng Munawar Fikri kembali mencalonkan diri menjadi Bupati Garut periodik 2024-2029. Pada Pilkada 2024 ini, dia maju di independen

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024