Wisatawan di Bali Dimanjakan Dokar Gratis Keliling Kota

Humas Pemkot Denpasar.
Sumber :
  • Humas Pemkot Denpasar

VIVA – Demi menarik minat wisatawan yang tiba di Bali, sejumlah program, salah satunya dokar gratis keliling Kota Denpasar digarap pemerintah. Operasional dokar atau moda transportasi tradisional di Bali ini dilakukan Pemerintah Kota Denpasar untuk masyarakat maupun wisatawan. 

Top Trending : Aksi Turis Bali Ceburkan Motor ke Kolam Renang hingga Marselino Jadi Tumbal

Nantinya, dokar yang mengangkut penumpang tersebut akan dibawa keliling Kota Denpasar untuk melihat objek wisata kota warisan. Objek Heritage City Tour milik Denpasar dinilai tepat untuk dikenalkan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang sedang berkunjung ke Bali.

Kepada VIVA, Kabag Humas Pemkot Denpasar I Dewa Gede Rai, Senin, 21 Maret 2022 mengungkapkan bahwa program ini akan berlanjut setiap Sabtu dan Minggu. Pengguna transportasi dengan kuda sebagai penggeraknya ini dapat menikmati tamasya gratis mulai pukul 9.00 hingga 16.00 WITA pada hari tersebut.

Bareskrim Bongkar Lab Rahasia Narkoba di Bali, 3 WNA Ditangkap

Dewa Rai mengatakan, terdapat 2 rute yang dilayani oleh 'Dokar Tamasya', yaitu titik awal Terminal Tegal dan Pelataran Pasar Badung, sehingga wisatawan dapat memilih sendiri.

Humas Pemkot Denpasar.

Photo :
  • Humas Pemkot Denpasar
Aksi Turis Ini Bikin Geleng Kepala, Sewa Motor Malah Tercebur ke Kolam Renang

Lokasi pangkalan Terminal Tegal Jalan Imam Bonjol, mengambil rute menuju Jalan Gunung Merapi, melewati kawasan Gunung Agung ke arah Setia Budi kemudian berbelok menuju Sri Rama. Selanjutnya dokar akan mengikuti Jalan Sutomo hingga sampai di kawasan terkenal, Gajah Mada dan berputar melewati Jalan Sulawesi dan Jalan Bukit Tunggal hingga kembali ke titik awal.

Rute kedua, dari pangkalan Pelataran Pasar Badung Jalan Gajah Mada, menuju Timur, Jalan Surapati, berbelok mengitari Alun-alun Denpasar, menghabiskan Jalan Hasanuddin dan berbelok ke Thamrin untuk kembali ke areal Gajah Mada.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar MA Dezire Mulyani mengatakan pengoprasionalan kembali dokar tamasya ini agar wisatawan dapat menikmati indahnya kawasan heritage di ibu kota Provinsi Bali.

Untuk menciptakan kawasan bebas pedagang kaki lima, maka dokar gratis mulai Maret 2022 ini dipindah lokasinya ke dua pangkalan di atas, dengan lokasi terdahulu di Timur Alun-alun Puputan Badung. Di pusat lokasi pangkalan disediakan masing-masing 4 dokar yang dapat dimanfaatkan setiap Sabtu dan Minggu.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran operasional untuk para pemilik dokar. Kemudian untuk wisatawan, pemerintah tetap tegas dalam urusan protokol kesehatan.

Maka dari itu, masyarakat yang ingin menaiki dokar wajib menjaga jarak, mencuci tangan, dan satu dokar hanya untuk 2 orang. Dokar gratis bagi wisatawan yang tiba di Denpasar, Bali dan masyarakat umum ini, sudah dapat dimanfaatkan sepanjang hari di Sabtu dan Minggu.

Laporan: Ni Putu Putri Muliantari (Bali)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya