5 Tempat Wisata Alam di Jakarta dengan Panorama Memukau

Ilustrasi/Sumber: S Migaj dari Pexels
Sumber :
  • Ilustrasi/Sumber: S Migaj dari Pexels

VIVA – Hari Raya Lebaran tinggal menghitung hari! Nah, biasanya momen libur Lebaran kerap dijadikan ajang berkumpul bersama keluarga, kerabat dekat, hingga orang-orang terkasih. Namun, rasanya kurang seru, ya, jika libur Lebaran dihabiskan hanya di rumah saja. Buat Anda warga asli Jakarta maupun dari luar kota yang ingin menghabiskan long weekend Idul fitri di ibu kota, ada banyak tempat wisata menarik di Jakarta yang bisa menjadi referensi, loh. Bukan hanya menawarkan pemandangan memukau, ambience-nya pun menenangkan pikiran dan bikin hati adem.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Penasaran di mana saja lokasinya? Berikut rekomendasi wisata alam di Jakarta yang memukau, cocok untuk temani libur Lebaran!
1. Island Hopping di Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu terdiri dari 110 pulau dan terbagi dua kecamatan. Karena Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau dengan jarak tempuh terbilang dekat, Anda bisa melakukan kegiatan island hopping atau meloncat dari satu pulau ke pulau lainnya. Perjalanan ke beberapa pulau seperti Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Macan, dan Pulau Pari, dapat ditempuh hanya dengan menggunakan perahu.

Penggemar wisata bernuansa alam dengan suasana yang tenang dan private sangat disarankan berkunjung ke pulau-pulau tersebut. Selain itu, view yang ditawarkan pun tidak kalah keren. Jangan lupa abadikan momen terbaik Anda di spot-spot yang Instagenic. Ada pula aktivitas air lainnya yang recommended dilakukan, semisal snorkeling, canoeing, banana boat, dan memancing.

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

2. Taman Wisata Alam Mangrove
Taman Wisata Alam Mangrove merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pepohonan mangrove yang rindang dan telah ditata rapi sedemikian rupa. Ketika berkunjung ke sini, Anda akan disambut sejuknya udara sekitar, mampu mengusir rasa penat dengan kesibukan selama ini di perkotaan.

Tempat wisata menarik di Jakarta satu ini juga menawarkan pesona pepohonan rindang nan sejuk. Anda bisa melakukan aktivitas menjelajah danau menggunakan perahu dan merasakan pengalaman menanam mangrove secara langsung.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Diproyeksi Tumbuh 5,15 Persen, Pemilu hingga Ramadhan Jadi Pendorong

3. Hutan Kota Senayan
Dulu, kawasan ini merupakan lapangan golf di kompleks Stadion Gelora Bung Karno. Area seluas empat hektare ini seakan menjadi oase di tengah padatnya Kota Jakarta. Hamparan rumput hijau berpadu dengan kolam air di tengah-tengah menjadikan kawasan ini sebagai salah satu area hijau terbuka yang diincar banyak orang. Cocok untuk tempat rehat sejenak di kala penat dan suntuknya rutinitas.

Aktivitas piknik dengan menggelar tikar sambil memandangi pemandangan gedung bertingkat di Jakarta juga boleh dicoba, nih. Lalu, berfoto ria dan jogging bagi Anda yang ingin berolahraga dengan suasana alam terbuka. Selain taman publik, terdapat fasilitas lainnya, seperti plaza utama, toilet, dan cofftea house yang bisa digunakan buat bersantai.

4. Allianz Ecopark
Ingin rekreasi bertema adventure yang asyik plus edukatif? Ocean Ecopark Ancol, jawabannya! Sebelum disulap menjadi taman rekreasi edukatif, kawasan ini dulunya dimanfaatkan sebagai padang golf. Kawasan Allianz Ecopark terbagi menjadi empat bagian, yaitu Eco-Care, Eco-Art, Eco-Nature, dan Eco-Energy. Mengusung konsep wisata alam dipadukan dengan kesejukan udara dan keasrian lingkungan.

Ada banyak wahana seru yang bisa Anda nikmati, seperti belajar bertani di Learning Farm, Outbondholic Ancol Adventure Park bagi Anda yang menyukai tantangan, dan bersepeda santai di Eco Bike. Selain itu, Anda juga bisa mencoba keseruan aktivitas susur danau menggunakan kano. Allianz Ecopark bisa menjadi salah satu alternatif wisata alam seru di Jakarta.

5. Pantai Pasir Putih PIK 2
Berada di kawasan wisata Pantai Indah Kapuk (PIK), Pantai Pasir Putih PIK baru dibuka tahun 2020 lalu. Pantai ini menjadi salah satu pilihan tempat wisata alam dan bersantai bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Menariknya, tempat wisata satu ini memiliki garis pantai sepanjang empat kilometer dan di sekelilingnya ditanami pohon-pohon palem di sejumlah titik sehingga Anda tidak merasa kegerahan.

Dengan suasana itu, seru sekali duduk di pinggir pantai sambil menikmati deburan ombak dan angin semilir untuk menghilangkan penat. Pasir pantai berwarna white-beige yang bersih dan lembut membuat pengunjung betah berlama-lama. Fasilitas di pantai ini juga lengkap seperti musala, toilet, foodcourt, live music, dan area parkir.

Jadi bagaimana, sudah menetapkan lokasi tempat wisata menarik di Jakarta untuk libur Lebaran nanti. Oh iya, bagi Anda dari luar kota dan ingin menikmati long weekend di Jakarta, segera pesan tiket bus dadakan menuju Jakarta hanya di Pegipegi. Harganya pas di kantong dan pastinya liburan jadi mudah dan aman, deh!

Bagi Anda yang ingin mudik Lebaran 2022 ke kampung halaman, dapatkan diskon s.d. 70% untuk berbagai pilihan hotel, tiket pesawat, kereta, serta bus dari Pegipegi di Festival Hilir Mudik. Jangan sampai kelewatan, ya. Download Pegipegi sekarang juga!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya