10 Tempat yang Indah Dikunjungi di Alam Semesta, Sulit Dipercaya

Ceres

VIVA – Rupanya, ada tempat yang indah dikunjungi di alam semesta ini dan bisa kita sambangi secara langsung. Apakah Mars salah satu di antaranya? Pernakah Anda ke sana? Mungkin terdengar aneh dan tidak mungkin, seseorang bisa menggapai atau bahkan menginjakkan kakinya ke Mars.

Namun ternyata memang ada beberapa tempat yang indah dikunjungi di alam semesta ini. Perjalanan wisata antar planet atau ruang angkasa saat ini masih menjadi hal yang mustahil dilakukan oleh umat manusia.

Namun, ada begitu banyak objek menarik yang dapat dijadikan destinasi wisata di tata surya, seperti 10 tempat yang indah dikunjungi di alam semesta berikut ini.

Terkuak, Warna Ini Bisa Memprediksi Keberadaan Alien

1. Mars

Mars

Penemu Partikel Tuhan Meninggal Dunia

Semakin banyak kami menemukan bukti yang menunjuk ke beberapa lingkungan yang cukup menarik di tata surya kita sendiri yang mungkin layak dikunjungi secara langsung dalam beberapa dekade mendatang.

Yang paling dekat dengan rumah dan paling terkenal, tentu saja, adalah Mars. Kami telah mendaratkan robot di planet merah selama hampir 40 tahun sekarang, dan sudah ada banyak buku dan film tentang menjajah Mars lebih lama.

Sekarang tampaknya upaya akhirnya dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mengunjungi tetangga kita yang paling mirip. Sementara  cahaya yang ditemukan Curiosity di sana baru-baru ini mungkin tidak berasal dari kondominium bawah tanah Mars, mungkin kita bisa memulai pembangunan yang sebenarnya dalam beberapa dekade mendatang.

2. Titan

Titan

Bulan aneh Saturnus,  Titan, dengan danau metana cairnya yang besar , badai, dan bahkan gunung berapi yang berpotensi memuntahkan es adalah salah satu tempat yang lebih menarik di tata surya. Penyelidikan kecil Huygens mendarat di Titan pada tahun 2005 dan mengirim kembali data beberapa jam, berhasil melakukan pendaratan paling jauh dalam sejarah manusia.

Titan hampir terlalu menggoda sebagai tujuan untuk menolak perjalanan berawak di masa depan, tetapi astronot petualang seperti itu harus yakin untuk berhenti merokok sepenuhnya sebelum mendarat di dekat danau yang mudah terbakar itu.

3.  Eropa

Eropa

Beberapa bulan yang mengitari tetangga raksasa gas kita sangat dicurigai menyimpan harta karun, khususnya lautan cair yang terkubur di bawah lapisan batu dan es. Di antaranya, yang paling menjanjikan dalam hal potensi kehidupan adalah satelit Europa milik Jupiter.

Permukaan Europa terdiri dari es air padat yang sangat halus dengan lautan air-cair yang berpotensi besar di bawahnya, dijaga agar tidak membeku oleh pemanasan pasang surut. Ia juga memiliki atmosfer tipis yang terdiri dari oksigen, yang sayangnya mungkin terlalu tipis bagi manusia untuk benar-benar bernapas.

Meskipun demikian, jika ada beruang kutub super-hard-core luar angkasa (atau hanya beberapa mikroba asing yang bagus) yang berkeliaran di mana saja dalam waktu satu tahun cahaya dari sini, Europa mungkin menjadi tempat yang paling mungkin untuk menemukannya.

4. Enceladus

Eropa

Baru bulan ini data baru tampaknya telah mengkonfirmasi keberadaan lautan berair di bawah permukaan bulan Saturnus Enceladus. Ini tidak sepenuhnya mengejutkan, mengingat bahwa pesawat ruang angkasa Cassini telah melihat gumpalan uap air dan es yang menyembur melalui cangkang es bulan selama bertahun-tahun sekarang. Yang lebih menarik lagi, NASA telah mendeteksi keberadaan garam dan molekul organik di gumpalan tersebut.

Saat ini ada pembicaraan di kalangan astrobiologi tentang pemasangan misi untuk mengumpulkan sampel dari gumpalan ini. Jika hasilnya menjanjikan seperti banyak harapan, Enceladus bisa menjadi kandidat teratas untuk tempat kunjungan manusia berikutnya setelah Mars.

5. Pluto dan Sabuk Kuiper

Pluto

Sementara Pluto bukan lagi sebuah planet, itu masih merupakan tujuan potensial yang baik untuk eksplorasi manusia di masa depan yang jauh. Misi New Horizons tak berawak NASA ke Pluto (dan Sabuk Kuiper dari planetoid lain yang bergaul dengannya) akhirnya akan mulai mempersiapkan pertemuan jarak dekat dengan Pluto mulai sekitar satu tahun dari sekarang pada April 2015.

Wilayah yang jauh ini layak dikunjungi oleh keturunan kita, bukan hanya karena kaya dengan es air beku dan molekul organik, tetapi juga tempat batu ruang angkasa besar yang memusnahkan dinosaurus berasal. Itu selalu baik untuk mengetahui musuh Anda, kalian semua.

6. Biden dan para kurcaci yang jauh

biden

Jika kita pernah mendapatkan sarana, itu juga akan bernilai perjalanan lebih jauh dari Pluto, ke tepi tata surya di mana planet kerdil jauh telah terlihat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk yang dengan penuh kasih dijuluki Wakil Presiden Biden .

Apa yang paling menarik dari pos-pos yang sepi ini adalah bahwa pos-pos tersebut dapat ditahan di bawah pengaruh planet super-Bumi yang lebih besar yang masih menunggu untuk ditemukan di jangkauan gelap terjauh dari pengaruh gravitasi matahari kita.

7. io

Io

Seperti banyak tempat di sepanjang "cincin api" yang aktif secara vulkanik di Bumi , bulan Jupiter Io mungkin bukan lokasi yang paling ramah, tetapi tampaknya patut dikunjungi.

Io adalah benda vulkanik paling aktif di tata surya, mengeluarkan gumpalan hingga 190 mil di atas permukaannya dengan kecepatan setengah dari kecepatan lepas. Bayangkan gunung berapi Hawaii meletus dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga mereka hampir mengirim gumpalan lava dan abu ke orbit.

Menakutkan dan mungkin bukan tempat teraman untuk dikunjungi, tetapi dapatkah Anda membayangkan berapa banyak foto bagus yang bisa Anda dapatkan untuk umpan Instagram Anda dalam perjalanan itu?

8. Ceres dan sabuk asteroid

Ceres

Jadi Anda tipe kutu buku ruang wirausaha ingin berbicara tentang  menambang asteroid ? Baiklah, mari kita bicara tentang sabuk asteroid dan penghuni terbesarnya, Ceres.

Terletak tepat di luar Mars dan tentu saja bukan satu-satunya sabuk asteroid di tata surya, yang satu ini adalah kakeknya. Ceres diyakini membentuk sepertiga dari total massa benda-benda di sabuk asteroid. Jika ada yang benar-benar serius untuk memanfaatkan batuan luar angkasa ini, ini bisa menjadi tempat untuk mendirikan toko.

9.  Ganymede

Ganymede

Bagaimana kita bisa meninggalkan bulan terbesar tata surya dari daftar ember ini? Bulan Jupiter Ganymede adalah salah satu dari satelit jauh dengan atmosfer oksigen tipis dan permukaan es, tetapi juga rumah bagi beberapa geologi paling kompleks yang diamati sejauh ini di luar planet kita sendiri. Sedemikian rupa sehingga membuat para peneliti membuat  peta geologis dari seluruh bola.

Misi tak berawak ke Ganymede sudah direncanakan untuk tahun 2030-an, jadi tambahkan yang ini ke daftar tempat yang mungkin menarik untuk dikunjungi oleh cucu-cucu kita.

10. Kalisto

Kalisto

Sama seperti Ganymede, Callisto sangat besar  bulan terbesar ketiga di tata surya. Meskipun itu adalah objek yang paling babak belur dan berkawah di tata surya dan dianggap sudah lama mati, jangan abaikan Callisto.

Seperti Enceladus dan Europa, ada alasan untuk percaya bahwa Callisto juga menyembunyikan lautan cair dan bahkan mungkin asin di bawah bagian luarnya yang menakutkan.

Dengan kata lain, planet mati ini adalah Lord Vader dari tata surya kita -- lewati topengnya dan masih ada jantung yang berpotensi berdetak di sana di suatu tempat. Begitu kita menguasai Force, atau setidaknya perjalanan ruang angkasa, mungkin kita akan bisa melihatnya sendiri.