Wahana Alam Parung, Destinasi Wisata Tasikmalaya Primadona Jawa Barat

Destinasi Wisata Wahana Alam Parung Tasikmalaya
Sumber :
  • ist

VIVA Travel – Membahas potensi wisata di Bumi Pasundan, Jawa Barat memang tak ada habisnya. Beragam destinasi terhampar nyata menghiasi wilayah yang kekal akan budaya Sundanya.

Bandara Soetta Terapkan Standar Tinggi dalam Layanan Haji 2024, Tambah Toilet Portable

Salah satu yang mencuri perhatian para traveler baru-baru ini adalah Wahana Alam Parung yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Tasikmalaya yang berdiri kokoh di perbukitan hijau nan sejuk, menjadikan Wahana Alam Parung sebagai primadona baru di Jawa Barat.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Sejarah Wahana Alam Parung

Destinasi Wisata Wahana Alam Parung Tasikmalaya

Photo :
  • ist
Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Kota berjuluk Priangan Timur sejatinya menyimpan segudang objek wisata yang memadai, salah satunya Wahana Alam Parung yang diresmikan sejak 2014 silam. Wahana yang didirikan oleh pengusaha berdarah Tasikmalaya yaitu Haji Aji Hidayat, telah berkembang pesat dan menjadi primadona di Jawa Barat.

"Wahana Alam Parung dibuka sejak 2009, awalnya hanya kolam pemancingan, kemudian karena animo masyarakat Tasik tinggi dibuatlah kolam pemancingan," ungkap Haji Aji Hidayat.

"Lalu, mengingat alam di kawasan ini cukup keren, bermula dari pembuatan kolam renang untuk anak, ternyata antusias masyarakat sangat tinggi. Jadi akhirnya, saya punya niat dan tujuan menjadikan Wahana Alam Parung sebagai lokasi berlibur," lanjut Aji Hidayat.

Bukan hanya deretan fasilitasnya saja yang lengkap, dan acara hiburan yang ditawarkan dengan menghadirkan musisi ternama setiap akhir pekan.

Wahana Alam Parung kini ramai pengunjung, total sekitar 30.000-35.000 lebih wisatawan datang guna sesaki berbagai wahana setiap pekannya selama liburan sekolah.

"Selama liburan sekolah total ada 30.000-35.000 pengunjung, hari biasa sekitar 20.000 pengunjung per bulan. Kisarannya, 2.000-3.000 Senin-Jumat, sedangkan Sabtu-Minggu 4.000-6.000 orang," tambahnya.

Lokasi Wahana Alam Parung

Wahana Alam Parung berada di Jalan Suryalaya - Pageurageung No. 431, Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Untuk menuju Wahana Alam Parung, pengunjung akan menempuh jarak kurang lebih 40 km dari Tasikmalaya ke arah utara atau kurang lebih sekitar satu jam perjalanan. Pengunjung juga bisa menginap, karena Wahana Alam Parung memiliki sejumlah cottage yang tersedia.

"Sekarang ini, kita ada dua cottage, untuk kamar-kamarnya sudah skala hotel, sekitar 10 kamar, next pembangunan yang akan digarap pada bulan Agustus itu ada 26 kamar, insya Allah kita punya sekitar 45 kamar," jelas Aji.

Wisata ini terdapat di dataran tinggi yang masih dikelilingi hutan dan perbukitan. Hal ini membuat Wahana Alam Parung sangat asri.

Fasilitas Wahana Alam Parung

Wahana Alam Parung memiliki lahan seluas 4 hektare, fasilitasnya lengkap mulai dari wahana air, kebun binatang mini, panggung hiburan, karaoke kekuarga, hingga fasilitas olahraga.

Tersedia pula tiga kolam renang berbeda, khusus pengunjung dewasa, anak-anak, dan yang berbentuk cinta (love). Hebatnya lagi, setiap kolam memiliki wahana atau permainan air tersendiri. Antara lain perosotan, ember tumpah, dan wahana salju.

Sedangkan di kebun binatangnya terdapat beberapa koleksi hewan seperti kakak tua, merak, kuda poni, dan rusa. Ada pula taman kelinci yang menggemaskan.

Taman Kelinci ini sangat lucu. Di sini, Anda bisa mengajak si kecil melakukan kegiatan seru dengan kelinci imut yang dipenuhi rerumputan hijau.

Tak hanya itu, Wahana Alam Parung juga suguhkan area play ground untuk anak-anak, ground stage, dan kolam pemancingan yang menenangkan.

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Wahana Alam Parung, pengelola juga menyediakan fasilitas penunjang seperti lahan parkir, kamar bilas, kafe, gazebo, toilet, dan tentunya musala.

Untuk mewujudkan wisata lengkap dan ramah, pengelola Wahana Alam Parung terus berinovasi, dengan tambahan fasilitas menarik lainnya yang proses pembangunannya telah berlangsung.

"Sekarang kita sudah punya kolam renang, kemudian play ground, mini zoo, area live music, mini soccer. Nextnya ke depan, kita juga sedang membuat dua kolam renang, disneyland, balon udara, ada flying fox, sepeda udara," jelas Aji Hidayat.

"Dan kita ingin melakukan terobosan baru, misalnya anak-anak main time zone, main games di mal itu berbiaya tinggi, nanti Wahana Alam Parung akan punya tempat bermain anak yang seperti di kota-kota, jadi warga daerah pun bisa menikmati itu," tambahnya.

Harga Tiket Wahana Alam Parung
 
Wisata Alam Parung bisa disebut sebagai destinasi sempurna dengan biaya ekonomis. Untuk tiket masuk, para pengunjung hanya perlu membayar Rp20.000 (Senin-Jumat) dan Rp25.000 (Sabtu-Minggu).

Jika ingin memanjakan buah hati, Anda bisa mengajaknya ke play ground. Pengunjung akan dibebankan biaya khusus sebesar Rp10.000 (di luar tiket masuk Wisata Alam Parung).

Untuk jam operasionalnya, Wisata Alam Parung dibuka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Selain dapat menikmati beragam fasilitas dan wahana seru bersama keluarga, Anda juga akan dimanjakan dengan keindahan hamparan bukit dan persawahan yang terbentang di hadapannya.

"Saya punya tujuan, Wahana Alam Parung menjadi sentral berliburnya masyarakat, yang pertama tiket sangat minim sekali, tetapi ada keistimewaan yang harus dipublikasikan ke semua bahwa Wahana Alam Parung, pengunjung boleh membawa makanan dari luar, masakan dari rumah, dan kita sudah siapkan spot untuk makan-makan keluarga, ini gratis tidak dipungut biaya. Jadi silahkan menempati spot yang disediakan, gazebo-gazebo dengan view yang sangat menarik, itu gratis," tegasnya.

Buat kalian yang berencana liburan tapi masih bingung menentukan pilihan, mengunjungi Wisata Alam Parung adalah solusinya.

Sebagai sarana hiburan dengan tajuk mendongkrak perekonomian rakyat, apa yang disuguhkan Wahana Alam Parung sejalan dengan program Pemerintah Provinisi Jawa Barat, yaitu menjadikan Jabar juara lahir dan batin.

"Wahana Alam Parung telah mempekerjakan sekitar 60 orang dari warga sekitar. Tak sekedar itu, pedagang-pedagang di area luar dipersilahkan untuk berdagang tanpa dipungut biaya," kata Aji Hidayat.

"Bahkan saat proses pembangunan berlangsung, Wahana Alam Parung mempekerjakan sekitar 120 orang tenaga bangunan yang berasal dari masyarakat sekitar," sambungnya.

"Wahana Alam Parung juga sangat peduli terhadap lingkungan sekitar, jalan, penerangan jalan, renovasi masjid, melakukan 1000 paket sembako, 1000 paket daging kurban, dan lain-lain," ucap Aji Hidayat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya