7 Fakta Pariwisata Dunia, Museum Hingga Taman Hiburan Terbaik

Pantai Pink Bahama
Sumber :

VIVA Travel  – Fakta pariwisata dunia, Industri perjalanan pariwisata merupakan salah satu industri terbesar. Ada berbagai fakta menarik yang bisa ditemukan dari industri pariwisata di dunia.

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Sebagai salah satu industri terbesar, bernilai sekitar 4,7 triliun dolar AS atau setara dengan Rp 67 kuadriliun dan setara lima persen dari jumlah produk domestik bruto (PDB) global. Menurut Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO), ada lebih banyak pergerakan perjalanan internasional sebelum pandemi di tahun 2019, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Layangan di Bali.

Photo :
  • Maha Liarosh/VIVA.
Strategi Pemerintah Macao Targetkan Kunjungan Turis Asal Indonesia

Oleh karena itu, jika melihat ke belakang, ada beberapa data yang paling mengejutkan yang menggambarkan besarnya skala dan dunia sebelum pandemi.

Meski perlu diingat, beberapa data mungkin sedikit berbeda antara satu dengan yang lainnya karena berdasarkan lembaga yang menilai. Dilansir dari Love Exploring, berikut deretan fakta parawisata yang dapat VIVA berikan.

Wajar jika Kementerian Ditambah sampai 40 untuk Indonesia yang Besar, Menurut Pengamat

1. Negara Paling Banyak Dikunjungi

Menara Eifel, Prancis

Photo :
  • http://www.gomuda.com

Negara yang paling banyak dikunjungi di dunia pada tahun 2019 adalah Prancis, dengan jumlah akumuasi 90 juta kedatangan internasional menurut laman resmi Pemerintah Prancis.

Negara ini telah menjadi tujuan nomor satu dunia setidaknya selama tiga tahun berturut-turut, dari data World Economic Forum. Kemudian, Spanyol menempati posisi kedua secara global dengan 83,5 juta kedatangan, sedangkan AS berada di urutan ketiga secara global dengan 79,3 juta.

2. Kota yang paling Banyak Dikunjungi

Bangkok, Thailand

Photo :
  • huffpost.com

Menurut Global Destination Cities Index yang diterbitkan oleh Mastercard. Kota yang paling banyak dikunjungi di dunia pada tahun 2019 adalah Bangkok dengan 22,7 juta pengunjung internasional. Meski pada tahun 2020 dan 2021 terjadi penurunan drastis akibat pandemi dan perjalanan, namun pengunjung internasional mulai kembali perlahan-lahan ke Bangkok.

3. Museum Paling Populer

Museum Louvre

Photo :
  • nydailynews.com

Menurut laman Museums.EU, Louvre tempat lukisan yang terkenal Mona Lisa karya Leonardo da Vinci, menjadi museum yang paling banyak dikunjungi di dunia pada tahun 2019. Terdapat lebih dari sembilan juta orang mengunjungi Museum Louvre di Paris sebelum pandemi.

4. Turis yang Paling Banyak Mngeluarkan Uang

Ilustrasi wisatawan asing

Photo :
  • Istimewa

Data dari US Travel menunjukkan, Amerika Serikat adalah negara nomor satu di dunia dalam hal uang yang dikeluarkan wisatawan.

 Bahkan, total wisatawan dan internasional mencapai 1,1 triliun dolar AS pada 2019 yang secara langsung mendukung sembilan juta pekerjaan di AS. Namun karena perjalanan akibat pandemi, total perjalanan AS turun hingga 42 persen pada tahun 2020.

5. Wahana Terbesar di Dunia

Arena bermain ski di Mall of The Emirates, Dubai

Photo :
  • VIVA.co.id/Umi Kalsum

Dibuka di Dubai pada tahun 2021, Ain Dubai merupakan wahana yang terbesar di dunia. Wahana yang berada di Pulau Bluewaters ini memiliki setinggi 250 meter dan 48 kabin penumpang yang bisa diisi 1.750 orang. Bahkan, sambungan struktur dan porosnya memiliki berat yang sama dengan empat pesawat A380.

6. Taman Hiburan terbaik

Menara Jam Big Ben

Photo :

Terpilih sebagai taman hiburan terbaik di dunia dalam Amusement Today's 2021 Golden Ticket Awards, Europa-Park biasa dikunjungi 5,7 juta orang setiap tahun. Europa-Park sebagai theme park terbesar di Jerman ini dibagi menjadi beberapa area bertemakan negara-negara Eropa seperti Austria, Inggris, Perancis, dan Italia.

7. Paspor Terkuat

Ilustrasi paspor dan visa

Photo :
  • Pexels/Mariakrey

Menurut Peringkat Paspor Global dari Henley Passport Index, paspor Jepang dan Singapura sama-sama menduduki peringkat teratas pada tahun 2022. Menjadi negara dengan parpor terkuat, warga negara Jepang dan Singapura memiliki 192 tujuan bebas visa untuk dipilih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya