Sandiaga Uno Targetkan 5,2 Juta Wisatawan Mancanegara pada Libur Nataru

Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane Syahputri

VIVA Travel – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyiapkan destinasi wisata yang nyaman bagi para masyarakat tanah air untuk merayakan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

Kemenparekraf Kick Off Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024, Diawali Dua Kota Ini

Sandiaga Uno menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia mencapai 5,2 juta orang. Sementara untuk wisatawan nusantara mencapai di atas 700 juta orang. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Hal tersebut diungkap usai menjalani rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Nataru dengan jajaran kepolisian serta kementerian terkait.

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

"Targetnya tahun ini 3,6 juta. Tapi berkat kerja sama kita semua kita bisa melampaui, mencoba mencapai target 5,2 juta untuk wisatawan mancanegara dan untuk wisatawan nusantara targetnya bisa mencapai angka di atas 700 juta," ujar Sandiaga Uno kepada wartawan di Mabes Polri, Jumat 16 Desember 2022.

Wisatawan Mancanegara. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Sandiaga juga memastikan liburan di Indonesia saat Nataru mendatang berlangsung aman dan menyenangkan baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. 

"Jadi kita pastikan, yang disampaikan di medsos (media sosial) ini, tadi kami sudah berkoordinasi. Bahwa kita akan memastikan bahwa liburan Anda di Indonesia saja, seperti yang sudah kita launching juga. Bangga berwisata di Indonesia, akan kita pastikan aman, nyaman, dan menyenangkan," kata dia.

Selain kegiatan wisata, Sandiaga menyebut pemerintah juga akan memfasilitasi semua perayaan mulai dari konser hingga acara budaya lainnya saat Nataru. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menggerakkan ekonomi di Indonesia. 

Selain itu, pihak Sandiaga berkoordinasi dengan Polri dan lembaga lain untuk mengamankan semua gelaran. Termasuk membentuk tim khusus memantau keramaian saat gelaran dilakukan. 

"Terkait dengan event, termasuk konser, termasuk kegiatan event budaya, olahraga, akan juga kami fasilitasi berkoordinasi dengan pihak Polri. Prinsipnya karena event ini atas arahan presiden menggerakkan ekonomi," ucap Sandiaga.

Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno.

Photo :
  • Instagram @nurasiauno.

Sebagai informasi, Polri siap menggelar Operasi Lilin 2022 terkait pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Sebanyak 166 ribu personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan tersebut. 

"Saya kira secara menyeluruh 166 ribu orang yang nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan di kepolisian di sebut operasi lilin," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rupatama Mabes Polri, Jumat 16 Desember 2022.

Sigit menjelaskan, Operasi Lilin tersebut akan digelar mulai 22 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023 mendatang. Sigit menegaskan bahwa pihaknya akan berusaha dengan maksimal agar seluruh rangkaian kegiatan dan aktivitas masyarakat di akhir tahun berjalan dengan lancar. 

"Operasi Lilin akan mulai berjalan kurang lebih 11 hari lagi. Mulai kita laksanakan di tanggal 22 atau 23 Desember 2022 hingga tanggal 3 Januari 2023," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya