Libur Lebaran, Wisatawan Nikmati Permainan Pacu Adrenalin di Taman Saloka Semarang

Suasana libur Lebaran di wahana permainan Taman Rekreasi Saloka Semarang.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA Travel – Salah satu objek wisata yang menjadi destinasi favorit pada libur Lebaran 2023 di Semarang adalah Taman Rekreasi Tematik Saloka. Wisatawan khususnya rombongan keluarga menikmati aneka permainan di Taman Saloka Semarang, diantaranya wahana seru yang memacu adrenalin.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Ada 25 wahana permainan yang cocok bagi anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Uniknya, nama-nama wahana tersebut memakai istilah lokal yang tren di desa. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Antara lain Bengak-Bengok untuk wahana kapal ayun, Gonjang-Ganjing untuk wahana arung jeram, Paku Bumi untuk  wahana ekstrim anjlok dari ketinggian, Obat-Abit untuk wahana ayunan putar, atau Lika-Liku untuk roller coaster.

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

Menurut staf pengelola Saloka Theme Park, khusus pada masa libur Lebaran ini, ada beberapa tambahan hiburan bagi pengunjung.

Selain pernak-pernik tematik Lebaran untuk berfoto, juga ada pertunjukan tradisional Baruklinthing yang digelar setiap sore mulai 21 April sampai 7 Mei 2023.

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

Kemudian ada karnaval yang mengangkat kesenian seperti drumblek, sirkulasi, tarian Arabian, dan lain-lain.

"Untuk Lebaran tahun ini cukup antusias ya wisatawan yang datang ke sini karena sudah bebas dari PPKM. Ada kenaikan 30 hingga 40 persen dari jumlah pengunjung pada hari biasa dan hari libur. Untuk masa libur Lebaran per harinya bisa mencapai tiga ribu hingga empat ribu pengunjung," jelas Sandra Luthfi Afifah, Marcom Taman Rekreasi Saloka, Rabu 26 April 2023.

Terkait keamanan wahana permainan seperti yang diminta Gubernur Jawa Tengah kepada semua pengelola wisata, kata Sandra, maintenance alat sudah dilakukan sebelum puasa dan selama puasa.

"Semua wahana sudah dicek, termasuk cek periode maintenance. Sehingga saat peak season semua sudah siap," ungkapnya.

Dari pantauan Viva di lokasi wisata, tampak para wisatawan menikmati liburan mereka. Wahana paling favorit adalah Cakrawala, Bengak-Bengok, Kumbang Layang, dan Paku Bumi, serta adu Nyali.

"Pokoknya seneng yang nggak biasa lah, dan bikin deg-degan. Kan jarang ada di lokasi lain. Rasanya mak wuuuussss.... gitu, seru," ungkap Yulianto, wisatawan asal Salatiga yang datang bersama keluarga.

Tiket di destinasi wisata ini berupa tiket terusan seharga Rp 150.000 per orang, yang bisa menikmati 25 permainan berulang kali,  plus bonus pertunjukan.

Untuk menuju ke sini, jika diakses dari Kota Semarang bisa lewat jalur arteri Semarang-Solo, atau lewat jalan tol lalu exit di Gerbang Tol Bawen. Dari sini tinggal lurus ke selatan sekitar lima menit, nanti Taman Saloka ada di sisi kanan jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya