Liburan Lebaran ke Labuan Bajo: Tak Perlu Khawatir, Ini Jaminan Pemerintah!

Labuan Bajo
Sumber :
  • istimewa

LABUAN BAJO  –  Jelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, berbagai otoritas setempat di Labuan Bajo mulai dari Polres Mabar, Syahbandar, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, BTNK, UPBU Bandara Komodo, Telkomsel, BPOLBF, Danlanal, Basarnas, dan stakeholder lainnya berkoordinasi dan berkolaborasi melakukan strategi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dan wisatawan di Manggarai Barat dan Labuan Bajo yang menjadi pusat konsentrasi arus kunjungan wisatawan selama sepekan musim Libur Lebaran

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

"Labuan Bajo sendiri sudah tiga tahun belakangan ini menjadi salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk berlibur selama musim libur lebaran mengingat waktu libur dan cuti lebaran berlangsung selama sepekan, sehingga Labuan Bajo sendiri sejauh ini bukan menjadi destinasi yang dituju mudik Lebaran, melainkan untuk para wisatawan yang tidak merayakan Lebaran, namun mengambil cuti bersamaan dengan perayaan Lebaran" demikian disampaikan Frans Teguh, Plt Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF). 

Beberapa strategi yang disiapkan tersebut antara lain dengan mendirikan Posko Libur Lebaran yang berada pada beberapa titik lokasi di Labuan Bajo. Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Manggarai Barat, Posko Lebaran Tahun 2024 berada pada 3 titik lokasi yaitu Ruang Kedatangan Bandara Komodo yang bertugas mengupdate data jumlah penumpang. Kemudian ada Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo yang bertugas untuk mengupdate data jumlah penumpang dan Kapal yang berlayar di Labuan Bajo dan Terminal Multipurpose Wae Kelambu - Pelindo yang mendata jumlah kapal logistik selama libur lebaran. Pada titik-titik posko ini juga disediakan update harian tentang informasi terkait cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Labuan Bajo

Photo :
  • istimewa

Konektivitas transportasi udara Manggarai Barat hingga H-3 perayaan Lebaran, data lalu lintas udara di Bandara Internasional Komodo telah mencatat jumlah penumpang H-7 hingga H-3 sebanyak 13.769 penumpang atau mengalami peningkatan sebanyak 29 persen dari jumlah tahun sebelumnya dengan 14 aktivitas penerbangan perhari digawangi 6 maskapai nasional, yaitu Garuda, Citilink, Lion Air, Batik Air, Air Asia, dan Wings Air. Data penumpang perhari di tanggal 7 April sendiri tercatat sebanyak 3.494 penumpang. 

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Selama berlibur di Labuan Bajo, para wisatawan juga dapat menikmati aktivitas layanan Damri untuk memudahkan mobilitas dari Bandara Komodo Labuan Bajo ke beberapa titik lokasi dalam kota Labuan Bajo, antara lain Kampung Ujung - Halte Simpang Pede - Halte Smak Loyola (pulang pergi). 

Lebih lanjut, dalam rangka memberikan pelayanan dan pengamanan maksimal selama berlangsungnya Libur Lebaran di Labuan Bajo, Polres Manggarai Barat juga mengadakan Operasi Ketupat. Operasi ini diadakan untuk menjamin rasa aman bagi umat Islam selama menjalankan ibadah dan merayakan hari raya Idul Fitri, serta untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana yang dapat mengganggu keamanan semua pihak baik masyarakat di seluruh wilayah Manggarai Barat maupun aktivitas wisatawan di Labuan Bajo dan sekitarnya. Dalam operasi ini, 231 personel gabungan dari berbagai instansi, termasuk Polres Manggarai Barat, TNI AD, TNI AL, TNI AU, Brimob, Basarnas, Dishub, Satpol PP, ASDP, serta unsur masyarakat lainnya terlibat dalam operasi tersebut. Para personel ini akan ditempatkan di pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu selama masa operasi, yang berlangsung sejak tanggal 4 hingga 16 April 2024 mendatang. 

Sementara itu, Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) juga menyediakan beberapa Posko Pelayanan Wisata yang berada di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, yaitu Pelayanan Wisata di Loh Liang dan Kampung Komodo, Loh Buaya Pulau Rinca dan Kampung Rinca, Pulau Padar Selatan, serta Pulau Gililawa Darat. Peningkatan aktivitas pelayanan dalam Kawasan TNK dilakukan mengingat sejak tahun-tahun sebelumnya kunjungan wisatawan bertambah saat musim libur Lebaran, sementara kawasan pulau dan kondisi medan treking membutuhkan kesiagaan petugas untuk memitigasi kondisi darurat pada wisatawan. 

Dan untuk memastikan kelancaran komunikasi selama Labuan Bajo mengalami peningkatan okupansi wisatawan,  pihak Telkomsel Manggarai Barat juga turut berkolaborasi menjamin terpenuhinya kapasitas jaringan memadai melalui penguatan jaringan di beberapa titik lokasi pelosok dan terjauh yang masih belum terjangkau jaringan komunikasi seperti di kawasan perairan dan kepulauan di TNK. 

Kesiagaan layanan selama Libur Lebaran juga dilakukan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) yang telah membentuk Tim Kerja Libur Lebaran. Selama sepekan Libur Lebaran, BPOLBF secara melakukan integrasi data SISPARNAS (Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional: https://sisparnas.kemenparekraf.go.id) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Data-data selama sepekan Libur Lebaran mulai dari data kunjungan dan pergerakan wisatawan, aktivitas pelayaran, tingkat okupansi pengunjung, aksesibilitas, amenitas, daya tarik wisata, manajemen krisis, dan data lainnya dapat secara langsung dipantau para wisatawan di seluruh wilayah di Indonesia termasuk Labuan Bajo. Tim BPOLBF juga akan menghimpun data dari posko-posko Lebaran dari beberapa titik melalui koordinasi bersama dinas dan lembaga terkait Labuan Bajo. 

Pulau Komodo

Photo :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

Untuk mempermudah aktivitas pegunjung dalam berwisata ke Labuan Bajo, BPOLBF berkoordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai otoritas terkait mulai dari Dinas Pariwisata Manggarai Barat, Bandara Komodo, Syahbandar, BTNK, Asosiasi Pariwisata pada tanggal 8 Maret lalu telah melaunching TIC (Torurism Information Center) yang dapat diakses di 4 titik lokasi baik secara digital maupun offline. 

Ke 4 titik lokasi TIC tersebut antara lain, titik 1 di Pintu Kedatangan dan Garbarata Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo berbentuk digital  scan barcode. Titik 2 di Co-Working Space Bandara Komodo berupa buku, brosur, dan leaflet yang dapat dibaca langsung oleh wisatawan. Titik 3 berada di Kantor BPOLBF di Jln. Soekarno Hatta No.88, Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Di lokasi TIC ini, pelayanan TIC akan dilayani langsung oleh Staf BPOLBF. Titik 4 berada di Kantor Syahbandar (KSOP) Marina Labuan Bajo dimana tersedia informasi tentang destinasi, peta lokal, kegiatan wisata, akomodasi, kuliner, transportasi, dan aspek keamanan. 

Selain berbagai informasi dan strategi di atas, informasi menarik lainnya adalah pihak PELNI menyediakan Tiket Kapal Pelni GRATIS untuk arus balik rute Labuan Bajo-Makassar pada 21 April 2024 oleh Cabang Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Labuan Bajo dengan kuota 300 penumpang dan pendaftaran. Informasi terkait tiket mudik gratis ini dapat diupdate melalui media sosial PELNI Labuan Bajo dengan Syarat dan Ketentuan Berlaku.

Berwisata ke Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo, NTT

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya