Usung Pertanian Berkelanjutan, Resor Mewah di Bali Sajikan Tamu dari Hasil Taman Hidroponik

Ilustrasi wisata Bali.
Sumber :

VIVA Travel – Pertanian berkelanjutan atau Sustainable Agriculture telah menjadi tema penting pembangunan pada skala global dan nasional. Selain sebagai sumber utama pangan dunia, selama ini pertanian juga merupakan salah satu penyumbang utama emisi gas rumah kaca. Jika tidak dikelola dengan baik, pertanian dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan mengurangi produktivitas lahan di masa depan.

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Berkaitan dengan hal tersebut, The Apurva Kempinski Bali mengumumkan peluncuran ‘Apurva Kempinski’s Sustainable Agriculture Program’, sebuah inisiatif pelatihan pertanian yang komprehensif di mana resor pemenang beberapa penghargaan bergengsi ini mendukung praktik pertanian regeneratif melalui kolaborasi dengan Samsara Living Museum.

Program ini akan mendorong peningkatan produksi produk berkelanjutan di Bali dan memperkuat keterampilan manajemen bisnis dari komunitas. Hal ini termasuk promosi praktik pertanian berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas produk, manajemen rantai pasokan, dan kualitas kontrol di seluruh rantai pasok.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Bamboo Dome di Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali.

Photo :
  • Tim Media G20

Program Sustainable Agriculture ini akan dilakukan di lokasi Samsara Living Museum dengan serangkaian sesi pelatihan yang interaktif dilengkapi dengan praktik kerja berkelompok.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Proyek ini akan menggunakan sebagian lahan dari Samsara untuk menumbuhkan tanaman organik yang paling dibutuhkan di resor seperti tomat, cabai, terong, jahe, rempah-rempah, dan jenis-jenis bunga yang dapat dimakan, yang mana akan dibeli oleh resor. Sebaliknya, sistem pertanian dan koleksi tanaman tradisional dari Samsara telah menginspirasi tim dari resor ini untuk membudidayakan tanaman tersebut di kebun hidroponik yang terletak di atap resor.

"Kami melakukan hidroponik garden di rooftop hotel kami. Tanaman yang dihasilkan akan kami gunakan untuk dikonsumsi tamu di hotel," kata Director of Marketing Communication, Danti Yuliandari, dalam virtual press conference, Rabu 26 April 2023.

Di sisi lain, Director of Hygiene Safety and Sustainability, Desak Made Intan Sari ke depannya sistem hidroponik ini bisa menjadi ekonomi sirkular untuk masyarakat di sekitar hotel. Nantinya masyarakat sekitar akan diajarkan bagaimana cara membuat tanaman hidroponik.

"Dari hidroponik gimana buat hidroponik di rumahnya masyarakat sekitar gimana tanam ketika berhasil memanen bisa disuplai ke kami, bentuk circular economy, ajarkan mereka hidroponik, bisa supply kami," jelas dia.

Sementara itu, Samsara Living Museum mengungkap pihaknya berkomitmen untuk melestarikan warisan budaya Bali serta memiliki visi untuk mendorong masyarakat serta melestarikan keberagaman Indonesia. Terletak di desa Jungutan, kabupaten Karangasem di Bali, mereka memiliki misi yang holistik, berorientasi pada komunitas serta mendukung pembangunan keberlanjutan yang berperan penting dalam model bisnis mereka.

Cara membuat Tanaman Hidroponik

Photo :
  • Freepik

"Melalui kolaborasi ini, kami dapat melanjutkan visi kami dalam skala yang lebih besar serta memberikan dampak positif bagi komunitas tempat tinggal kami, pada khususnya untuk masyarakat Bali," kata pendiri Samsara Living Museum, Ida Bagus Agung Gunarthawa.

Di sisi lain, Ida Bagus mengatakan, melalui program ini pihaknya berharap melalui program ini akan berdampak secara sistematik kepada masyarakat Bali.

"Ini akan berdampak sistemik dalam arti ketika suasana psikologi masyarakat kita dapat, maka astungkara akan bertambah luas. Problem setiap program tidak mampu melahirkan pola sistemik. Sehingga harus dirancang menginspirasi memantik efek bola salju bergulir. Dampak paling kuat, ketika mampu dampak sistemik sisi psikologi sehingga melahirkan partisipasi organik lainnya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya