Tarif Rp4 Ribu - Rp15 Ribu, Ternyata Bukan Buat Masuk ke Kawasan Candi Borobudur

Candi Borobudur, Yogyakarta.
Sumber :

VIVA Travel – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menetapkan tarif layanan umum Badan Pelaksana Otorita Borobudur. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42 Tahun 2023 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Badan Pelaksana Otorita Borobudur Pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Taman Mini Indonesia Indah: Jendela Menuju Keberagaman Budaya dan Pesona Alam Indonesia

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42 Tahun 2023 yang di dalamnya menyebutkan tiket masuk ditetapkan Rp4.000 hingga Rp15 ribu per orang per sekali masuk mulai Mei 2023. Sedangkan kendaraan diberi tarif sebesar Rp5.000 sampai Rp25 ribu sekali masuk. Scroll untuk info selengkapnya.

Tarif tersebut berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Sedangkan Warga Negara Asing (WNA) bisa dikenakan tarif maksimal hingga 200 persen sesuai dengan pertimbangan.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Plt Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB), Agustin Peranginangin menegaskan tarif tiket ini berlaku untuk masuk ke kawasan zona otoritatif Borobudur atau dikenal dengan Borobudur Highland. Tarif Rp 4 ribu sampai Rp 15 ribu itu bukan tarif masuk kawasan Candi Borobudur seperti yang marak diberitakan.

Sri Mulyani Buka Suara soal Warga Beli Sepatu Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta

"Bukan tarif masuk kawasan di sekitar Candi Borobudur. Bukan juga masuk Candi Borobudur-nya. Tapi Borobudur Highland ya," tegas Agustin, baru-baru ini.

Agustin menjelaskan Borobudur Highland adalah zona otoritatif seluas 309 hektare yang berada di kawasan perbukitan Menoreh Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Saat ini, Borobudur Highland sedang dalam taraf pengembangan. Menurut rencana Borobudur Highland akan memulai lima zona yang terdiri dari zona resort eksklusif, zona wisata petualangan, zona wisata eksotis, zona wisata budaya dan zona gerbang masuk.

"Jadi masuk kawasan itu yang nantinya dikenakan tarif masuk. Di perbukitan Menoreh Purworejo. Karena akan ada pengembangan kawasan dengan banyak atraksi seni budaya, olahraga dan petualangan. Serta resort dengan ribuan kamar. Sedang ber-progress," jelas Agustin.

Sedangkan Coorporate Sekretaris PT. Taman Wisata Candi, Candi Borobudur, Ratu Boko, Prambanan AY Suhartanto mengatakan, jika tarif masuk ke Candi Borobudur hingga saat ini belum mengalami perubahan.

"Hingga saat ini tarif masuk ke pelataran Candi Borobudur adalah Rp50 ribu untuk orang dewasa. Sementara untuk anak-anak maupun pelajar Rp25 ribu. Sedangkan untuk wisatawan asing seharga 25 dolar," terang Suhartanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya