Ikuti Kesuksesan Jakarta Fair, PRJ Bakal Digelar di Surabaya

Suasana hari terakhir Jakarta Fair Kemayoran.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

Jakarta – Melanjutkan kesuksesan Jakarta Fair dan Jatim Fair, Pekan Raya Jatim (PRJ)-Surabaya 2023 siap digelar. Diselenggarakan selama sembilan hari yakni mulai dari 14 hingga 22 Oktober 2023 PRJ-Surabaya ini akan digelar di Grand City Mall dan Convex Surabaya. 

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Marketing Director PT Jakarta International Expo, Ralph Scheunemann menjelaskan bahwa Pekan Raya Jatim ini sudah terselenggara sejak 12 tahun terakhir. Saat ini pihaknya ingin melakukan rebranding menjadi Pekan Raya Jatim (PRJ)- Surabaya.

“Kita sudah menjalankan ini selama 12 tahun dulu namanya Jatim Fair sekarang kita rebranding menjadi Pekan Raya Jatim Surabaya. Konsepnya ingin melakukan mirip seperti Jakarta Fair di Jakarta tapi dengan skala yang lebih kecil,” kata dia dalam konferensi pers di Ji Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa 4 Juli 2023.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Marketing Director PT Jakarta International Expo, Ralph Scheunemann.

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian

Lebih lanjut diungkap Ralph, meski tempatnya kecil namun dia yakin jika penyelenggaraan PRJ Surabaya ini dilakukan semaksimal mungkin dapat semeriah seperti PRJ Jakarta. Sehingga tidak menutup kemungkinan acara seperti ini akan digelar di sejumlah kota lainnya.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Sementara itu, untuk kepesertaan Ralph mengungkap tahun ini cukup berbeda dibanding tahun sebelumnya. Pihaknya ingin memfokuskan pada pihak swasta. Mengingat selama beberapa waktu belakangan kepesertaan pihak swasta yang menurun.

“Di tahun ini kita berusaha memulai dari pihak swasta dulu. Sama seperti di Jakarta Fair tetap butuh lokomotif swasta. Tapi bukan berarti tidak mengaja UMKM. Ada UMKM juga yang dikelola swasta. Nanti mereka akan kita zoning di lantai 3 jadi ada kesinambungan antara UMKM dan swasta,” ujarnya.

Sementara itu untuk PRJ-Surabaya ini juga akan memiliki panggung musik seperti di PRJ Jakarta Kemayoran. Namun Ralph mengungkap hingga saat ini pihaknya belum menentukan siapa penyanyi yang akan diajak untuk bergabung dalam acara ini.

“Artisnya belum kita tentukan sekarang tetapi kita akan memilih artis-artis yang cocok dengan nuansa di Surabaya. Artinya kapasitasnya sekitar 6.000-7.000 kita pilih itu jangan pilih artis yang nantinya datang 15 ribu bisa berantakan nanti. Jadi kita sesuaikan kita cari yang cocok kita kerja sama dengan pihak ketiga mereka yang atur,” ujarnya.

Sementara itu, Ralph berharap selama sembilan hari penyelenggaraan acara ini bisa menarik pengunjung hingga 130 ribu.

“Target pengunjung di weekdays sampai 8.000. Weekend 15 ribu. Selama 9 hari sekitar 120-130 ribu tergantung animo masyarakat,” ujarnya.

Sebagai informasi, untuk tiket masuk PRJ-Surabaya ini bertarif Rp10 ribu untuk weekdays, dan Rp15 ribu untuk weekend.

Nantinya acara ini juga akan diikuti dari sejumlah perusahaan dari katagori otomotif, Gadget/elektronik, produk olahraga & hobi, fashion/aksesori/kosmetik, perbankan& jasa keuangan, makanan & minuman, pendidikan, home decor, hingga UMKM dan Mitra Binaan (BUMN/BUMD).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya