Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Wisman Asal Singapura Paling Sering Jelajahi RI

Menparekraf RI Sandiaga Uno
Sumber :
  • Dok. Istimewa

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membagikan data terkini terkait pergerakan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Menparekraf Sandiaga mengungkapkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terus meningkat.

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

"Data BPS untuk Juni 2023 kunjungan wisman kebangkitannya sangat strong. Month to month dari kenaikan mancanegara ini signifikan, year on year juga naik signifikan," ujar Menparekraf Sandiaga. 

Memasuki Juni 2023 terhitung kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 1,062 juta kunjungan dan secara kumulatif kunjungan wisman dari Januari – Juni 2023 mencapai 5.189.433 kunjungan. Jumlah ini naik 11,44 persen dengan perbandingan Month to Month (Mei 2023) dan year on year naik 119,64 persen dibanding Juni 2022. 

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Jumlah kunjungan wisman semester I tahun ini setara dengan 88,12 persen dari total kunjungan wisman sepanjang 2022 atau meningkat sebesar 250,33 persen dibandingkan semester I tahun 2022. Sementara jika dibandingkan dengan target kunjungan wisman tahun 2023, nilai ini setara dengan 86,49 persen target batas bawah (6 juta) atau 61,05 persen target batas atas (8,5 juta). 

"Jadi ini patut kita syukuri," ujar Sandiaga, dikutip keterangan persnya. 

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Berdasarkan negara asal wisman pada Juni 2023, Singapura menempati urutan pertama dengan persentase sebesar 16,41 persen, Malaysia sebesar 15,88 persen, Australia sebesar 12,47 persen, India 6,48 persen, dan Tiongkok 5,88 persen. 

"Jadi sekali lagi jumlah ini patut kita syukuri dan kami bisa memberikan proyeksi bahwa tahun ini jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana maka target atas 8,5 juta akan terlampaui secara signifikan. Angka proyeksinya sekitar 15 sampai 20 persen," ujar Sandiaga.

Bicara soal wisata, Indonesia sendiri merupakan negara kaya akan budaya dan merupakan warisan yang perlu dilestarikan oleh setiap generasi. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui program Co-Branding Wonderful Indonesia kolaborasi dengan SilverQueen memperkenalkan kampanye dan 5 kemasan spesial baru bertemakan #IniIndonesiaku. 

Kelima kemasan spesial ini merupakan hasil desain pemenang dari talenta muda berbakat Indonesia yang terpilih melalui kompetisi desain #SeruMaksimalIniIndonesiaku yang diselenggarakan pada bulan November 2022 lalu. Kemasan #IniIndonesiaku telah resmi diluncurkan pada 1 Juli, dengan kampanye digital yang akan berlangsung hingga 31 Agustus 2023. Kemasan #IniIndonesiaku yang diawali dengan kompetisi desain ditujukan untuk menjadi wadah bagi generasi muda dapat berekspresi secara kreatif dan bersama-sama menjadi bagian kampanye ini. 

"SilverQueen sebagai merek cokelat asli Indonesia berkomitmen kuat untuk terus memberikan kontribusi positif bagi tanah air. Melalui rangkaian kampanye ini, SilverQueen bersama KEMENPAREKRAF/BAPAREKRAF, mengajak anak muda untuk berperan aktif dalam melestarikan warisan budaya dan keindahan destinasi wisata di Indonesia," ujar Brand Manager SilverQueen, Mikhaela Bunawan, dikutip keterangan pers Silverqueen.

Ajang penentuan pemenang kompetisi ini didasarkan pada keunikan desainnya serta bagaimana peserta mampu mewakili keindahan dan keberagaman Indonesia dalam satu desain kemasan eksklusif. Kompetisi ini dinilai secara objektif oleh William Davis, akrab sebagai WD Willy, seorang ilustrator Indonesia yang sudah berkarya secara profesional sejak tahun 2015.

"Yuk, bersama kita mengambil bagian dalam perjalanan luar biasa ini, memperkuat kecintaan kita pada tanah air, serta mewujudkan impian kita untuk Indonesia yang lebih indah dan berbudaya,” ungkapnya. 

Manfaat Makan Cokelat

Cokelat adalah salah satu kudapan yang disukai oleh semua orang di berbagai kalangan karena rasanya yang pas di lidah. Siapa sangka, beberapa bukti menunjukkan bahwa suguhan manis ini memiliki potensi manfaat kesehatan, termasuk opini dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

FDA memberikan lebih banyak kepercayaan pada gagasan bahwa cokelat bahkan dapat berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Tapi bagaimana dengan hubungan antara cokelat dan kesehatan jantung?

"FDA menetapkan bahwa ada sangat sedikit bukti ilmiah yang kredibel untuk klaim kesehatan yang memenuhi syarat untuk flavanol kakao dalam bubuk kakao flavanol tinggi dan pengurangan risiko penyakit kardiovaskular," agensi tersebut mengatakan dikutip dari keterangan persnya.

Makan cokelat bahkan dapat membuattubuh lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung atau serangan jantung. Hal itu terkuak karena berbagai alasan. Salah satunya, cokelat tinggi magnesium, yang membantu mengatur sistem kardiovaskular.

Selain itu, ada kadar antioksidan dalam cokelat membantu membersihkan plak dari arteri, mengurangi risiko penyakit jantung. Serta, flavonoid yang ditemukan dalam cokelat dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Dan, cokelat hitam telah terbukti mengurangi kolesterol LDL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya