Keindahan Hope Reef, Restorasi Terumbu Karang Bawa Dampak Positif untuk Alam

Terumbu karang
Sumber :
  • VIVA/ Aiz Budhi

MAKASSAR  – Restorasi terumbu karang untuk menjaga sumber daya laut terus dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satunya yang dilakukan di daerah Kepulauan Bontosua, Sulawesi Selatan. Di daerah itu, dilakukan restorasi terumbu karang bernama Hope Reef.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Poyek restorasi karang yang berbentuk tulisan HOPE itu diinisiasi oleh Mars, Incorporated, dan Sheba. Hope Reef diluncurkan pada tahun 2021 lalu. Proyek tersebut telah berhasil memperbaiki ekosistem laut, dalam dua tahun sejak restorasi Hope Reef dimulai, pertumbuhan karang meningkat dari kurang dari 5 persen menjadi lebih dari 70 persen dan populasi ikan meningkat sebesar 300 persen.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Terumbu karang

Photo :
  • Hope Reef

Hingga saat ini, telah ditanam 900.000 pecahan karang dengan menggunakan 60.000 bintang karang (reef star). Berhasil merestorasi 80.000 meter persegi terumbu karang secara global, program ini memanfaatkan struktur reef star buatan tangan yang terhubung di bawah air untuk membentuk inti Mars Assisted Reef Restoration System.

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Kepada awak media, Dr. Susan Wan selaku General Manager Mars Pet Nutrition Indonesia menjelaskan alasan kenapa dipilihnya nama HOPE. Untuk diketahui, proyek ini dimulai dengan pembuatan struktur 46x14m yang membentuk huruf H-O-P-E di Bontosua pada tahun 2019, menggunakan terumbu karang yang telah direstorasi.

"Dari segi perkataan, Hope itu ada masa depannya, ada harapan. Maksudnya itu harapan, harapan untuk kemudia hari, harapan untuk generasi yang akan datang, harapn untuk ikan, harapan untuk terumbu karang, harapan untuk kecantikan atau keindahan lautan. Itu sebabnya diberi nama Hope," kata Dr. Susan Wan di daerah Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Terumbu karang

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Program restorasi terumbu karang Hope Reef ini berasal dari bentuk kepedulian kepada ekosistem laut. "Datangnya karena climate change kepada dunia terutama laut. Dampaknya sangat buruk," kata Dr. Susan.

Reef star yang digunakan dibuat dengan tangan oleh masyarakat setempat dengan menggunakan bahan-bahan lokal yang tersedia. Tentu saja, proyek ini  mendatangkan manfaat untuk ekosistem laut dan juga untuk masyarakat sekitar.

Restorasi karang berbentuk tulisan HOPE diinisiasi Mars, Incorporated, dan Sheba

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Lalu kemudian, Philippa Mansell selaku Indonesia Marine Program Lead, Mars Sustainable Solutions menjelaskan bahwa proyek restorasi terumbu karang ini juga dilakukan di negara lain. Lokasi-lokasi itu termasuk Great Barrier Iconic, Maladewa, Meksiko dan Kenya. Selain itu, sudah lebih dari 500 ribu orang terlibat untuk pemulihan situs terumbu karang dalam program ini.

"Hope Grows ini sudah ada di 30 lokasi restorasi di 10 negara, 5 benua," kata Philippa Mansell.

Terumbu karang

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya